loading...

Gambaran Umum Keuangan & Analisis Informasi Keuangan

Analisis akuntansi merupakan persyaratan penting bagi analisis keuangan yang efektif. hal ini disebabkan oleh kualitas analisis keuangan, dan kesimpulan yang dibuat, bergantung pada kualitas informasi akuntansi yang digunakan, bahan mentah dari suatu analisis. Informasi dalam laporan keuangan dinilai relatif berdasarkan :

  1. Kebutuhan informasi dari pengguna laporan keuangan dan;
  2. Sumber informasi alternatif seperti data ekonomi dan industri, laporan analis, dan pengungkapan sukarela manajer.

Penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi sifat dan isi laporan keuangan agar dapat menilai informasi yang dilaporkan dalam laporan keuangan. Faktor-faktor utama tersebut adalah prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum, motivasi manajer, mekanisme pengawasan dan pelaksanaan, badan pengatur, sifat industri, dan sumber informasi lain.

Seiring dengan reformasi, maka perlu dilakukan perubahan-perubahan di berbagai bidang untuk mendukung agar reformasi dapat berjalan dengan baik, diantaranya adalah perubahan di bidang penatausahaan dan akuntansi keuangan karena melalui proses penatausahaan dan akuntansi keuangan dihasilkan informasi keuangan yang tersedia bagi berbagai pihak untuk digunakan sesuai dengan tujuan masing-masing.

Informasi Akuntansi merupakan hal yang sangat penting. Salah satu bentuk dari informasi akuntansi adalah Laporan keuangan menjadi salah satu komponen yang mutlak. Informasi akuntansi yang terpenting adalah laporan keuangan. Karena dengan laporan keuangan pihak kreditor dapat melihat perkembangan kinerja usaha dan dapat memperkirakan kinerja usaha di masa yang akan datang. Tersedianya informasi yang lebih akurat melalui informasi akuntansi yang dihasilkan diduga tidak mempengaruhi keputusan atas masalah yang dihadapi manajemen (relevance).

Untuk menghasilkan informasi keuangan yang bermanfaat bagi para pemakai dan pihak yang berkepentingan, maka laporan keuangan harus disusun oleh personil yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi dan sistem akuntansi agar terhindar dari salah pencatatan atau kecurangan akuntansi yang biasa disebut fraud. Hal ini berarti semakin taat manajemen terhadap aturan akuntansi maka semakin rendah tindakan kecurangan akuntansi yang terjadi, ini di karenakan aturan akuntansi itu menjadi pedoman bagi pembuat laporan keuangan untuk menghasilkan informasi yang handal bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil sebuah keputusan.

Informasi yang terdapat pada laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh investor maupun manajemen. Sehingga laporan keuangan harus berpedoman pada aturanaturan yang dikeluarkan oleh IAI dan sesuai dengan prosedur dan prinsip akuntansi agar dapat diandalkan.

Informasi yang disediakan oleh catatan-catatan akuntansi berguna bagi pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan pengelolaan perusahaan.Informasi-informasi tersebut memungkinkan para pelaku usaha dapat mengidentifikasi dan memprediksi area-area permasalahan yang mungkin timbul, kemudian mengambil tindakan koreksi tepat waktu. Walaupun dampak dari diabaikannya pengelolaan keuangan mungkin tidak terlihat secara jelas, namun tanpa implementasi akuntansi yang efektif, usaha yang memiliki prospek yang cerah dapat menjadi bangkrut.

Analisis terhadap laporan keuangan pada dasarnya karena ingin mengetahui posisi keuangan perusahaan saat ini. Dengan mengetahui posisi keuangan, setelah dilakukan analisis laporan keuangan secara mendalam, akan terlihat apakah perusahaan dapat mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya atau tidak.

Pengetahuan akuntansi menghasilkan informasi keuangan yang digunakan oleh manusia. Jika akuntansi tidak mampu menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi manusia maka akuntansi akan ditinggalkan oleh penggunanya, kecuali dipaksakan. Analisis keuangan merupakan suatu proses analisis dari data neraca dan laporan laba rugi menjadi suatu informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Analisis laporan keuangan merupakan proses untuk mempelajari data-data keuangan agar dapat dipahami dengan mudah untuk mengetahui posisi keuangan, hasil operasi dan perkembangan suatu perusahaan dengan cara mempelajari hubungan data keuangan serta kecenderungannya terdapat dalam suatu laporan keuangan, sehingga analisis laporan keuangan dapat dijadikan sebagai dasar dalam
pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan juga dalam melakukan analisisnya tidak akan lepas dari peranan rasio-rasio laporan keuangan, dengan melakukan analisis terhadap rasio-rasio keuangan akan dapat menentukan suatu keputusan yang akan diambil.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...