loading...

Fund Theory - Teori Akuntansi

Berbeda dengan teori pemilikan, teori dana melepaskan hubungan personal yang dianut oleh teori proprietory dan personalisasi perusahaan sebagai kesatuan ekonomi gang dibuat sah pada teori kekayaan. Teori dana menggantinya dengan kesatuan kegiatan atau orientasi kegiatan sebagai landasan akuntansi. Kepentingan ini dikenal dengan "FUND" yang termasuk di dalamnya kelompok aktiva dan kewajiban yang terikat serta pembatasan yang mencerminkan fungsi ekonomik yang khusus ataupun kegiatan yang khusus.

Teori ini didasarkan pada persamaannya sebagai berikut. Aktiva = Pembatasan Aktiva. Aktiva mencerminkan prospek jasa bagi unit operasional. Utang merupakan pembatasan terhadap aktiva khusus ataupun aktiva secara umum. Modal yang diianamkan merupakan pembatasan yang legal atapun finansial terhadap penggunaan aktiva, sehingga modal yang ditanamkan harus dijaga keberadaannya, bila tidak terdapat likuidasi sebagian ataupun secara keseluruhan.

Dengan demikian, dalam teori ini semua ekuitas mencerminkan pembatasan yang dilakukan secara legal, kontrak, manajerial, dan finansial. Konsep ini bermanfaat sekali bagi perusahaan yang tidak mencari laba. Seperti lembaga pemerintah, universitas, rumah sakit, lembaga sosial. Teori ini tidak menempatkan konsep laba sebagai komponen utama dalam laporan keuangan. Yang terpenting adalah deskripsi dari operasi dana dilaporkan secara jelas dalam fund statement Laporan keuangan utama berupa ringkasan statistik dari sumber dan penggunaan dana. Sedangkan laporan laba rugi bila ada hanyalah tambahan dari fund statement sebagai deskripsi dana yang dihasilkan dari operasi.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...