loading...

Peranan Universitas dan Profesi Akuntan dalam Pengembangan Akuntansi


Perkembangan akuntansi dan profesi akuntan tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan akuntansi. Perkembangan profesi akuntansi Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan akuntansi. Pendidikan akuntansi menekankan suatu nilai tersendiri terhadap komunikasi, keahlian intelektual, dan interpersonal dan terhadap perluasan basis pengetahuan. Nilai ini benar-benar diakui oleh masyarakat seperti diatur secara formal oleh pemerintah di bawah peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Tujuan pendidikan pada umumnya adalah memberikan mahasiswa sebuah profesi. Untuk itu pendidikan akuntansi ini mesti mempunyai wadah yang memadai untuk dapat mencapai profesi yang diinginkan tersebut. Oleh karenanya., Sejak kemerdekaan tahun 1945, Indonesia mengandalkan studi akademis formal di kampus dan universitas sebagai wadah untuk mempersiapkan anggota profesi akuntansi mendatang. Sistem pendidikan formal pertama disampaikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1925 melalui Asosiasi Guru Perdagangan. Selanjutnya sejak perkembangan ekonomi dan politik berubah setelah ditinggalkan rezim Belanda, sebuah model pendidikan formal di universitas kemudian diadopsi. Dalam dasawarsa 60-an, Universitas Indonesia membuka Jurusan Akuntansi di bawah Fakultas Ekonomi yang menawarkan pendidikan akuntansi dengan muatan kurikulum dan sistem berpola Amerika.

Profesi akuntansi di Indonesia mendapatkan keuntungan dari penggunaan kursus ataupun pendidikan akuntansi di luar Jakarta selain yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, seperti Universitas Padjadjaran di Bandung tahun 1961, Universitas Sumatra Utara tahun 1962, Universitas Airlangga Surabaya tahun 1962, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta tahun 1964, dan Universitas Sriwijaya di Palembang tahun 1964. Pertumbuhan yang fenomenal pada sistem universitas untuk program akuntansi, secara sosial berkembang signifikan.

Sesuai dengan pasal 1 dan pasal 2 Undang-Undang No. 34, Tahun 1954 mereka yang berhak memakai gelar akuntan adalah yang lulus dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Negeri dan swasta yang disamakan. Dalam kaitan ini semakin banyak Fakultas Ekonomi Negeri yang belum memperoleh persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Swasta yang menyelenggarakan pendidikan akuntansi. Oleh karena itu, pemerintah bersama organisasi profesi, yaitu IAI mengatur pelaksanaan ujian negara akuntansi.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...