loading...

BUKTI AUDIT


BUKTI AUDIT

Bukti audit diperlukan untuk mendukung opini dan laporan keuangan auditor. Bukti audit bersifat kumulatif dan terutama diperoleh dari prosedur audit yang dilakukan selama audit. Namun, bukti audit juga meliputi informasi yang diperoleh dari sumber lain, seperti audit periode sebelumnya (dengan syarat auditor telah menentukan apakah telah terjadi perubahan sejak audit periode sebelumnya yang dapat mempengaruhi relevansinya dengan audit terkini) atau prosedur pengendalian mutu firm dalam penerimaan dan keberlanjutan perikatan dengan klien. Bukti audit dapat berupa informasi yang mendukung dan menguatkan asersi manajemen, maupun informasi yang bertentangan dengan asersi tersebut.

Kecukupan dan ketepatan bukti audit saling terkait. Kecukupan merupakan ukuran kuantitas bukti audit. Sedangkan ketepatan merupakan ukuran kualitas bukti audit : yaitu  relevansinya dan keandalannya dalam mendukung kesimpulan yang mendasari opini auditor. Keandalan bukti audit dipengaruhi oleh sumber dan sifatnya serta bergantung pada kondisi yang melingkupi bukti tersebut ketika diperoleh.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...