loading...

PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK PERENCANAAN LABA


PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK PERENCANAAN LABA
Informasi akuntansi merupakan alat bantu yang penting dalam perusahaan. Apabila informasi yang disajikan tidak tepat, maka keputusan yang diambil akan cenderung menyesatkan atau bahkan dapat berakibat fatal bagi perusahaan, dengan demikian dikatakan infomasi yang tepat akan mengurangi ketidakpastian. Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa informasi sangat penting bagi setiap perusahaan, karena untuk merencankan, mengarahkan dan memperlancar kegiatan sehari¬hari perusahaan.

Begitu juga halnya dengan kebutuhan manajemen perusahaan. Para pengelola / manajer perusahaan sangat memerlukan manajemen yang dapat meberikan informasi ntuk melaksanakan fungsi – fungsi manajemen tersebut dengan baik.

Perencanaan laba berisikan langkah-langkah yang akan ditempuh perusahaan untuk mencapai besarnya target laba yang diinginkan. Karena laba merupakan selisih antara pendapatan yang diterima (dari hasil penjualan) dengan biaya yang dikeluarkan, maka perencanaan laba dipengaruhi oleh perencanaan penjualan dan perencanaan biaya. Untuk membuat perencanaan laba yang baik, maka diperlukan alat bantu berupa analisis biaya-volume-laba (cost-volume-profit/CVP). Analisis yang cukup tepat untuk memahami hubungan timbal balik antara biaya, volume, dan laba adalah analisis Cost-Volume-Profit. Analisis tersebut dapat dipakai oleh manajemen sebagai suatu teknik perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan pada kegiatan perusahaan dalam mencapai laba, dan menghadapi perubahan yang mungkin terjadi atas volume penjualan, harga jual dan biaya yang dikeluarkan. Setelah menetapkan harga jual, volume yang dijual serta pengklasifikasian biaya, maka analisis Cost Volume Profit dapat dilaksanakan dengan menggunakan elemen-elemen analisis. Elemen analisis biaya-volume-laba (cost-volume-profit) yang penting adalah analisis titik impas (Break Event Point analysis).

Cost Volume¬Profit Analysis (CVP) merupakan bagian dari informasi akuntansi manajemen. Menurut Blocher (2000 : 308), analisis VP merupakan metode untuk menganalisis bagaimana keputusan operasi dan keputusan pemasaran mepengaruhi laba bersih, berdasarkan pemahaman tentang hubungan antara biaya variabel, biaya tetap, harga jual per unit dan tingkat output.

Informasi akuntansi manajemen mempunyai peranan yang strategis sebagai alat bantu manajemen untuk menjalankan fungsi manajerialnya. Melihat sampai saat ini kebutuhan para manajer perusahaan akan informasi untuk perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan tersebut masih saja belum terpenuhi seperti apa yang diharapkan oleh layaknya suatu badan usaha, maka dirasa perlu adanya pembahasan, yang hasilnya diharapkan dapat membantu para manajer perusahaan untuk memberikan informasi akuntansi manajemen yang berguna untuk menjalankan usaha, khususnya untuk perencanaan laba atau usahanya.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...