loading...

MANAJEMEN BANTUAN (GRANTS) PEMERINTAH PUSAT


MANAJEMEN BANTUAN (GRANTS) PEMERINTAH PUSAT

Manajemen bantuan pemerintah pusat yang dimaksud disini, salah satunya adalah adanya bantuan keuangan atau disebut dengan Block Grant. Block Grant merupakan pemberian bantuan yang bersifat materi atau dalam bentuk keuangan yang diberikan oleh suatu  lembaga atau organisasi yang tertinggi kepada lembaga atau organisasi dibawahnya yang bersifat hibah. Block Grant ini diadakan dengan maksud dan tujuan dapat meningkatkan kapasitas, mengembangkan program–program pemerintah, serta mendorong partisipasi masyarakat melalui proses perencanaan dan penganggaran ditingkat Desa/ Kelurahan. Untuk lebih jelasnya terkait mengenai tujuan pengadaan Block Grant ini adalah, sebagai berikut :

§    Mengembangkan kapasitas pemerintahan desa / kelurahan dalam rangka melaksanakan otonomi desa / kelurahan dalam hal pelaksanaan desentralisasi kewenangan dan fiskal.
§    Memberikan arahan dan petunjuk tehnis terhadap rencana kegiatan desa / kelurahan.
§    Mensinergikan serta mensinkronkan pembiayaan dan program – program pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten / kota, pemerintah kecamatan, pemerintah desa / kelurahan dan masyarakat.
§    Mendorong partisipasi masyarakat melalui proses perencanaan dan penganggaran ditingkat desa / kelurahan.
§    Meningkatkan kapasitas pemerintah lokal dalam melaksanakan kewenangan dibidang perencanaan, penganggaran dan pembangunan pada umumnya.

Program bantuan Block Grant desa / kelurahan ditetapkan melalui mekanisme pengambilan keputusan masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan desa / kelurahan, dengan kegiatan :
1.             Pra musyawarah rencana pembangunan.
2.             Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan.
3.             Pasca musyawarah rencana pembangunan.
4.             Peserta musyawarah rencana pembangunan.
5.             Pelaksanaan bimbingan tehnis program.
6.             Pengajuan proposal program dan kegiatan.
7.             Kendala dalam pelaksanaan kegiatan.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...