loading...

MENDOKUMENTASIKAN PEMAHAMAN ATAS STANDAR PENGENDALIAN INTERN (SPI)


MENDOKUMENTASIKAN PEMAHAMAN ATAS STANDAR PENGENDALIAN INTERN (SPI)

Tiga metode yang biasanya digunakan dalam mendokumentasikan pemahaman struktur pengendalian intern adalah dalam bentuk naratif, bagan arus, dan kuesioner pengendalian intern. Hal ini dapat digunakan sendiri – sendiri atau bersama – sama, seperti diuraikan dibawah ini :

Naratif
Naratif adalah deskripsi tertulis dari struktur pengendalian intern klien. Narasi sistem akuntansi dan prosedur pengendalian terkait yang pantas mencakup empat karakteristik :
a.              Permulaan timbulnya setiap dokumen dan catatan dalam sistem. Misalnya, deskripsi harus menyatakan darimana pesanan pelanggan berasal dan bagaimana faktur penjualan timbul.
b.             Seluruh pemrosesan yang terjadi. Misalnya, kalau jumlah penjualan ditentukan oleh program komputer yang mengalikan kuantitas dikirim dengan harga standar, hal ini seharusnya diuraikan
c.              Penyelesaian setiap dokumen dan catatan dalam sistem. Pengarsipan dokumen, pengiriman ke pelanggan, atau pemusnahannya seharusnya ditunjukkan.
d.             Indikasinya adanya prosedur pengendalian yang relevan untuk penetapan resiko pengendalian. Ini biasanya mencakup pemisahan tugas (seperti pemisahan pencatatan kas dari pemegang kas), otorisasi dan persetujuan (seperti persetujuan kredit), dan verifikasi intern (seperti perbandingan harga jual per unit dengan kontrak penjualan).

Bagan Arus
Bagan arus pengendalian intern adalah penggambaran dengan simbol, diagram atas dokumen klien dan urutan arus dalam organisasi. Bagan arus yang memadai mencakup empat karakteristik seperti yang diidentifikasi untuk deskripsi naratif.

Kuesioner Pengendalian Intern
Kuesioner pengendalian intern menanyakan satu rangkaian pertanyaan mengenai pengendalian dalam tiap bidang audit, termasuk dalam lingkungan pengendalian, sebagai alat auditor untuk mengindikasikan aspek – aspek struktur pengendalian intern yang mungkin tidak memadai.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...