loading...

MENGHUBUNGKAN RENCANA STRATEJIK DENGAN ANGGARAN PERUSAHAAN


MENGHUBUNGKAN  RENCANA  STRATEJIK DENGAN ANGGARAN PERUSAHAAN

Perencanaan Strategis
*             Fokus pada aktivitas jangka panjang (beberapa tahun)
*             Perencanaan strategis mendahului anggaran dan menjadi pedoman anggaran
*             Perencanaan strategis terstruktur menurut lini produk atau program

Anggaran
*             Fokus pada aktivitas satu tahun
*             Anggaran merupakan potongan satu tahun dari rencana strategis organisasi
*             Anggaran terstruktur menurut pusat tanggung jawab

Sebelum menyusun anggaran perusahaan harus menyusun rencana strategik. Rencana stratejik itu disusun berdasarkan hasil analisis kekuatan dan kelemahan internal perusahaan dan hasil analisis dari ancaman dan kesempatan eksternal perusahaan. Rencana stratejik pada umumnya berjangka 5 tahun, 10 tahun atau lebih. Rencana stratejik diterjemahkan dalam tujuan jangka panjang kemudian diterjemahkan dalam tujuan jangka pendek. Dari tujuan jangka pendek itu disusun rencana jangka pendek yang kemudian dijabarkan dalam bentuk anggaran jangka pendek. Dalam rencana stratejik itu harus dijelaskan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas pekerjaan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Rencana strategik itu memuat langkah – langkah yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan.  Tentu rencana atau langkah – langkah itu harus mempunyai relasi dengan anggaran karena setiap langkah selain dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan, rencana itu juga butuh dana / uang sehingga menghubungkan rencana stratejik dengan anggaran tersebut. Bagaimana menghubungkan,  menetapkan strategik  dengan anggaran tersebut. Apa yg dibutuhkan langkah – langkah tersebut, ya dengan adanya anggaran tersebut. Misal ; mesin produksi.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...