Akuntansi Untuk Akuisisi

Akuntansi Untuk Akuisisi
     1.      Ketika sebuah perusahaan di ambil alih oleh perusahaan lain, perusahaan penawar harus memutuskan apakah akuisisi akan diperlakukan sebagai pembelian (purchase) atau penggabungan kepentingan.
    2.      Metode akuntansi pembelian untuk melaporkan akuisisi memerlukan asset dari perusahaan target dilaporkan nilai pasar yang sesuai dalam pembukuan perusahaan penawar. Dengan metode ini, asset yang disebut dengan muhibah (goodwill) diciptakan untuk tujuan akuntansi. Muhibah adalah perbedaan antara harga pembelian dan estimasi nilai pasar sesuai dari asset bersih (asset dikurangi kewajiban) yang didapatkan.
    3.      Dalam penggabungan kepentingan, asset dari perusahaan pengambil alih dan yang diambil alih digabungkan, yang berarti bahwa laporan neraca akan digabungkan/ditambahkan. Perusahaan baru dimiliki bersama oleh semua pemegang saham dari pemegang saham dari perusahaan yang sebelumnya terpisah. Proses akuntansi lebih sederhana disini, kita hanya menambahkan dua laporan neraca menjadi satu. Total asset tidak berubah dengan adanya akuisisi dan tidak ada akun muhibah yang diciptakan.
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...