loading...

APAKAH HARGA DAN BIAYA PERUSAHAAN KOMPETITIF DENGAN PESAING UTAMA, DAN APAKAH MEMPUNYAI DAYA TARIK BAGI PELANGGAN?



Rantai nilai perusahaan mengidentifikasi kegiatan utama yang menciptakan nilaipelanggan dan terkait dengan kegiatan penunjang. Tujuan utama analisi rantai nilai adalah untuk memfasilitasi perbandingan, aktivitas-aktivitas, bagaiman efektif danefisien sebuah perusahaan memberikan nilai kepada pelanggan, relatif terhadap pesaingnya. Ada hubungan erat antara kegiatan penciptaan nilai bahwa kegiatan perusahaan dan sumber daya dan kemampuan. Ada juga hubungan dinamis antara kegiatan perusahaan dan sumber daya dan kemampuan. Kegiatan penciptaan nilai lebih dari sekedar perwujudan dari sumber daya atau kemampuan potensi itu. 

Kondisi perusahaan yang tidak efisien dapat menyebabkan biaya perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pesaing hal ini menyebabkan kerawanan pada perusahaan yang bersangkutan karena memperlemah daya saingnya. Maka biaya perusahaan harus diupayakan kompetitif dibandingkan dengan para pesaingnya. Disparitas biaya dapat terjadi mulai dari hal –hal yang kecil sampai yang signifikan diantaranya :
a.              Biaya bahan baku, suku cadang dan energy
b.             Usia pabrik dan peralatan serta basic technology yang digunakan
c.              Biaya produksi, marketing, penjualan dan promosi

Dalam melakukan efisiensi perusahaan, tidak boleh dikorbankan mutu produk atau jasa, karena hal itu akan berpengaruh negatif terhadap kepuasan konsumen. Demikian pula efisiensi biaya perusahaan tidak boleh dilakukan dengan memangkas anggaran R&D secara signifikan karena hal itu akan menyebabkan perusahaan kehilangan prospek penjualan di masa depan.

Pilihan Strategis untuk Memperbaiki kelemahan Biaya atau Nilai Kerugian ; Hasil analisis rantai nilai dan benchmarking dapat mengungkapkan biaya atau nilai kerugian relatif terhadap saingan utama. Informasi tersebut sangat penting dalam menyusun langkah strategis untuk menghilangkan kelemahan tersebut dan meningkatkan profitabilitas. Sumber- sumber Informasi Benchmarking :
a.              Laporan, aliansi perdagangan, analisis dan pelanggan
b.             Kunjungan ke perusahaan ( benchmark )
c.              Data dari perusahaan konsultan

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...