loading...

Jenis Cost


Jenis Cost

            1.      Sunk cost
Biaya historis atau disebut juga sunk costs adalah biaya yang telah terjadi dan tidak dapat di hindari dari apapun keputusan yang dibuat manajer.  Oleh karena itu, biaya historis merupakan informasi yang tidak relevan dalam pembuatan keputusan. Sunk cost akan selalu sama, tidak memiliki pengaruh terhadap berbagai alternatif yang di pertimbangkan, biay tersebut selalu tidak relevan dan sebaiknya diabaikan. Sedangkan future cost yang berbeda diantara alternatif yang tersedia adalahl biaya relevan.
2.      Opportunity cost
Biaya kesempatan adalah kontribusi dari sebuah aktivitas pendapatan yang hilang karena tidak digunakannya suatu sumber daya terbatas dalam penggunaan alternatif terbaik selanjutnya.  Penghitungan atas biaya kesempatan ini dapat digunakan untuk mengukur efisiensi dari suatu alternatif keputusan yang diambil.  Besarnya biaya relevan merupakan akumulasi dari biaya tambahan yang ada untuk suatu pilihan alternatif dengan biaya kesempatan yang timbul dari dipilihnya alternatif keputusan tersebut.
3.      Incremental cost (Revenue)
Biaya/pendapatan tambahan adalah total tambahan biaya/pendapatan yang didatangkan oleh suatu aktivitas dari keputusan yang diambil.
4.      Differential cost (Revenue)
Biaya/pendapatan differensial adalah perbedaan antara total biaya/pendapatan dari dua alternatif yang berbeda.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...