loading...

KEUNTUNGAN DAN KETERBATASAN SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF


KEUNTUNGAN  DAN  KETERBATASAN  SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF

Keuntungan  Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Informasi Eksekutif ini memiliki keuntungan dalam suatu sistem informasi, diantaranya adalah ;
§    Sebagai sistem penyedia fasilitas yang fleksibel bagi eksekutif dalam mengakses informasi eksternal dan internal yang berguna untuk mengindentifikasi masalah.
§    Sistem tidak sulit dioperasikan karena dilengkapi interface yang sangat memudahkan pemakai untuk menggunakannya.
§    Sistem dapat membantu pihak eksekutif dalam mengidentifikasikan dasar suatu masalah dan mencari jalan keluarnya.
§    Sebagai sistem penyedia informasi bagi eksekutif mengenai kinerja perusahaan dari berbagai sudut pandang. 
§    Sebagai sistem yang dapat memberikan suatu kemudahan bagi pihak eksekutif untuk menyediakan akses yang cepat ke informasi – informasi yang terjadi saat itu dan akses langsung pada laporan – laporan manajemen.

Keterbatasan  Sistem Informasi Eksekutif
Selain Sistem Informasi Eksekutif memiliki keuntungan dalam suatu sistem informasi, SIE ini juga memiliki keterbatasan atau kekurangan dalam suatu sistem informasi, diantaranya yaitu ;
a.              Password
EIS memiliki sandi normal untuk membatasi akses. Namun, tingkat kontrol sandi yang diimplementasikan dalam EIS harus sama dengan yang ada di database. Jika tingkat kontrol sandi mengganggu pengoperasian EIS, pembatasan sandi sering dihapus dalam mendukung kinerja sistem. Selain itu, tidak ada struktur sandi paralel yang bahkan developer tidak bisa ketika ingin memastikan keamanan yang ada.

b.              Data Access
Apabila data EIS dapat diakses oleh pengguna yang tidak sah, informasi yang memiliki sifat sensitif ini dapat dikumpulkan dan digunakan terhadap perusahaan atau petugasnya. Data sensitif ini dapat mencakup informasi akuntansi seperti gaji, pengeluaran, atau informasi lebih soft seperti laporan pesaing. Jika akses data tidak aman, EIS dapat menyebabkan pengguna untuk memberikan kesimpulan yang tidak tepat untuk diakses.

Loading...

loading...