loading...

Modul Enterprise Resource Planning (ERP)


Modul Enterprise Resource Planning (ERP)

Romney dan Steinbart (2015), berargumentasi bahwa sistem ERP yang modular, dengan masing-masing modul menggunakan praktik bisnis terbaik untuk mengotomatisasi proses bisnis standar. Desain modular ini memungkinkan bisnis untuk menambah atau menghapus modul yang deeded. Modul ERP ini meliputi :
·                Keuangan (general ledger dan sistem pelaporan) buku besar, piutang, hutang, anggaran tetap, manajemen kas, dan penyusunan laporan manajerial dan laporan keuangan. sumber daya manusia dan penggajian - sumber daya manusia, penggajian, kesejahteraan karyawan, pelatihan, waktu dan kehadiran, tunjangan, dan pelaporan pemerintah.
·                Entry order untuk kas (siklus pendapatan) penjualan, pengiriman, persediaan, penerimaan kas, perhitungan komisi.
·                Purchase to pay (siklus pencairan) pembelian, penerimaan dan pemeriksaan persediaan, persediaan dan manajemen gudang, dan pengeluaran kas.
·                Manufaktur (siklus produksi) rekayasa, penjadwalan produksi, bill of material, barang dalam proses, manajemen alur kerja, kontrol kualitas, manajemen biaya, dan proses manufaktur dan proyek.
·                Manajemen proyek - biaya, penagihan, waktu dan biaya, unit kinerja, manajemen kegiatan.
·                Manajemen hubungan pelanggan - penjualan dan pemasaran, komisi, layanan, kontak pelanggan, dan dukungan call center.
·                Alat sistem untuk menetapkan file data induk, menentukan arus informasi, kontrol akses, dan sebagainya.

Sedangkan menurut Wilkinson et.al (2000), ada beberapa modul yang terdapat dalam sistem ERP, antara lain sebagai berikut :
1.              Modul financial, adalah modul utama dan pusat dari semua modul karena semua transaksi di modul lain akhirnya akan berhubungan dengan mosul ini. Submodulnya terdiri dari general accounting, financial accounting, asset management, treasury, controlling dan costing.
2.              Modul material management, adalah modul yang berhubungan dengan sumber daya material perusahaan. Submodulnya terdiri dari purchasing dan warehouse management.
3.              Modul sales adalah modul yang berhubungan dengan penjualan. Submodulnya yaitu marketing, transportation, dan shipping.
4.              Modul human resources, adalah modul yang berhubungan dengan sumber daya manusia. Submodulnya terdiri dari time management, appraisal, over time, training dan payroll.
5.              Modul maintenance adalah modul yang berhubungan dengan pemeliharaan dan perawatan. Submodulnya antara lain plant maintenance, preventive maintenance, service maintenance.
6.              Modul production control, adalah ,modul yang berhubungan dengan pengontrola produksi. Submodulnya antara lain production planning.

Adapun Contoh modul ERP yang dikemukakan oleh ISACA (2001), diantaranya adalah :
·                Manajemen sumber daya manusia
·                Manajemen keuangan
·                Manajemen rantai suplai
·                Pengadaan
·                Logistik dan bahan manajemen
·                Perencanaan dan penganggaran
·                Penjualan dan distribusi
·                Administrasi Mahasiswa

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...