Pengelolaan Nilai Perusahaan, Strategi dan Nilai Perusahaan

Pengelolaan Nilai Perusahaan, Strategi dan Nilai Perusahaan
Adanya penciptaan nilai dan terciptanya kesejahteraan  bagi  para pemegang  saham serta penilaian pasar, maka  menjadi masalah  terpenting yang dihadapi  oleh perusahaan. Laporan keuangan yang menjelaskan nilai buku tidak  menggambarkan kondisi  keuangan yang  sesungguhnya  dari  perusahaan, dengan demikian perkiraan nilai memiliki peranan yang penting dalam lingkungan perusahaan. Beberapa perbaikan keuangan  sangat penting untuk menarik investor baru atau membuat keputusan berinvestasi yang harus mempertimbangkan  nilai equity dengan baik. Ini merupakan hal yang utama bagi beberapa pengusaha dan perusahaan yang sering dibutuhkan untuk peningkatan pertumbuhan keuangan    dan  menarik modal dari investor luar.

Salah  satu  kepuasan  pemilik perusahaan adalah apabila modal  yang diinvestasikan mampu menghasilkan nilai tambah dan memberikan kesejahteraan.

Ukuran pengelolaan perusahaan menghasilkan nilai tambah ataukah tidak adalah pasar.  Jika  pasar  menghargai perusahaan itu melebihi nilai modal yang diinvestasikan, berarti manajemen mampu menciptakan nilai buat pemegang sahamnya.  Sebaliknya, jika harga saham justru  lebih  rendah  dari  modal,  dapat disimpulkan  manajemen  tak  mampu menciptakan nilai tambah. 

Pengukuran nilai perlu dilakukan oleh manajer untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Hal ini dilakukan agar terciptanya kesejahteraan bagi para stockholder dan stakeholders  (pekerja, pemerintah, konsumen, suplier dan masyarakat umum) (Velez & Dean, 2001 : 5).

Ukuran  terhadap  kinerja  saham atau  keberhasilan  pilihan  umumnya berdasarkan  pada  kriteria  tujuan. Beberapa  tahun  yang  lalu,  kriteria  utama yang  digunakan  dalam  pengukuran kinerja  keuangan  adalah  pendapatan  per lembar  saham  (EPS)  dan  hasil pengembalian  atas  ekuitas  (ROE).  Saat ini, telah difokuskan pada nilai pasar dari kepemilikan  saham  perusahaan  atau belum,  pada  kinerja  perusahaan  terhadap saham  relatif  berpengaruh  pada  saham perusahaan lain.
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...