loading...

Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Stratejik - Produk

Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Stratejik - Produk


Dampak dari globalisasi sudah semakin terlihat pada berbagai aspek kehidupan perusahaan, baik pada negara yang sudah maju maupun pada negara yang sedang berkembang semakin terasa persaingan yang ketat dan penuh ketidakpastian. Untuk menghadapi situasi ini perusahaan terus berjuang agar dapat bertahan di dalam pasar global bahkan harus unggul sebagai pemenang. Dengan adanya iklim kompetitif yang semakin kuat ini mengharuskan perusahaan mampu bersaing di pasar bebas. Dalam hal ini, segala sumber daya perusahaan yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Persaingan global yang intensif mendorong perusahaan untuk melakukan perubahan dalam teknologi maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan proses produksi, memperbaiki keputusan mengenai penentuan harga jual, desain produk, dan lain – lain.

Persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan produk – produknya menuntut perusahaan untuk meningkatkan mutu agar produk – produk yang dipasarkan memiliki competitive advantage, sehingga produk – produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena hal itu sangat berkaitan erat dengan strategi – strategi dan kebijakan – kebijakan yang diterapkan perusahaan.

Masalah indsutri manufaktur di Indonesia merupakan masalah yang cukup besar karena akan emengakibatkan banyak hal terkait di dalamnya. Apabila terjadi kesalahan dalam perencanaan ataupun pelaksanaan yang menyimpang dari rencana pengembanga, industri manufaktur yang ada di Indonesia akan habis tertindas oleh perusahaan luar negeri yang pada umumnya sudah lebih maju dan stabil. Hal ini yang menyebabkan industri – industri di Indonesia khususnya yang bergerak pada bidang manufaktur tidak dapat berkembang. Tetapi dengan seiringnya waktu dan perkembangan jaman terdapatlah perubahan teknologi di dalam berbagai aspek seperti informasi dan manufaktur yang semakin pesat mengakibatkan persaingan pasar pun semakin meningkat. Perubahan tersebut akan mempengaruhi daya beli konsumen, mereka menginginkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai harga yang relatif terjangkau.

Untuk dapat merebut pasar dalam era globalisasi ini perusahaan harus dapat menetapkan strategi yang tepat. Khususnya pada perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tepat waktu dan dengan biaya produksi yang seefisien mungkin sehingga dapat menjadi suatu produk yang unggul dan disukai di pasaran nasional maupun pasar internasional. Berbagai strategi harus diterapkan agar usaha yang dilakukan dapat terus bertahan dan berkembang. Hal ini terpenting selain penguasaan teknologi manufaktur, penentuan harga pokok yang akurat juga merupakan langkah terpenting agar tiap perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya yang sejenis baik di dalam negeri maupun perusahaan luar negeri.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...