loading...

Responsibility Centers


      

Responsibility centers adalah suatu unit organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatannya. Umumnya, suatu perusahaan merupakan kumpulan dari responsibility centers, yang masing-masingnya diwakili oleh suatu kotak tabel organisasi. Responsibility centers ini membentuk suatu hirarki. Pada level terendah adalah pusat section/bagian, work shift, dan unit organisasi kecil lainnya.

Suatu responsibility centers hadir untuk menyelesaikan satu atau beberapa sasaran, diistilahkan dengan tujuan. Perusahaan secara keseluruhan mempunyai tujuan, dan senior manajemen memutuskan pada serangkaian strategi untuk menyelesaikan tujuan itu. Tujuan dari berbagai responsibility centers di perusahaan adalah untuk membantu mengimplementasikan strategi itu. Karena setiap organisasi adalah merupakan jumlah dari responsibility centers nya, jika tiap responsibility centers sukses dengan tujuannya, maka tujuan organisasi akan diraih.

Responsibility centers menerima input, dalam bentuk material, pekerja, dan layanan. Dengan menggunakan working capital (missal: inventaris, uang yang dapat diterima), peralatan, dan aset lainnya, responsibility centers melakukan kinerja pada fungsi tertentunya, dengan tujuan utama mengantarkan input terhadap output, apakah itu tengible atau intangible. Pada proses produksi, output itu berupa barang. Pada unit staf, seperti sumber daya manusia, transportasi, engineering, akunting, dan administrasi, outputnya adalah pelayanan.

Produknya (misalnya, barang dan jasa) diproduksi oleh responsibility center yang bisa saja dilengkapi oleh bagian lain selain responsibility center, apakah itu input, atau di luar pasar, dimana hal itu adalah output organisasi secara keseluruhan. Pendapatan adalah jumlah yang diperoleh dari penyediaan output-output itu.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...