loading...

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP)


Sistem Enterprise Resource Planning (ERP)


Definisi ERP meliputi beberapa para ahli, diantaranya adalah ;
  • Turban dan Volonino (2010) dalam bukunya menyebutkan bahwa Enterprise Resources Planning (ERP) adalah salah satu tools yang paling sukses untuk mengatur rantai pasok khususnya pada bagian internal dan merelasikan aktivitas internal. Perangkat lunak ini mengintegrasikan rencana manajemen dan semua sumber daya yang ada didalam perusahaan. Kemudian di tahun 2011, Turban mendefinisikan ERP sebagai sebuah sistem informasi yang terintegrasi (Integrated Information System) yang mendukung proses-proses dan fungsi-fungsi bisnis inti dalam suatu organisasi. Proses dan fungsi bisnis yang dimaksud meliputi pemasaran (marketing), akuntansi (accounting), keuangan (finance), keamanan informasi (information security), sumber daya manusia (human resources), produksi (production), pembelian (purchasing), dan logistik (logistic).
  • Romney dan Steinbart (2015), sistem ERP adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan semua aspek kegiatan organisasi seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, manufaktur, serta manajemen inventaris kedalam satu sistem.
  • Wilkinson et.al (2000), Sistem ERP merupakan sebuah software aplikasi yang terintegrasi untuk digunakan pada berbagai fungsi perusahaan, seperti akuntansi, keuangan, sumber daya manusia serta produksi dan logistik.
  • ISACA (2001), ERP merupakan sistem yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi seluruh organisasi ke sistem komputer yang bertujuan untuk menyajikan kebutuhan khusus setiap orang.


Syarat dari ERP adalah adalah integtasi dimana integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan beberapa logical database pada satu software sehingga memudahkan setiap departemen untuk berkomunikasi.


Karakterisik ERP (O’Leary, 2000) :
  1. Sistem ERP merupakan paket software yang didesain untuk lingkungan pelanggan pengguna server, baik secara tradisional ataupun yang berbasis data.
  2. Sistem ERP memroses mayoritas transaksi perusahaan.
  3. Sistem ERP menggunakan database perusahaan yang secara tipikal menyimpan tiap data.
  4. Dalam bererapa hal sistem ERP memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
  5. Sistem ERP menunjang sistem multi mata uang dan bahasa, dan hal ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan multinasional.
  6. Sistem ERP memungkinkan penyesuaian untuk kebutuhan khusus perusahaan tanpa melakukan pemrograman kembali.


Dengan melihat perkembangan persaingan bisnis global, maka tujuan utama dari pengembangan sistem ERP digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat efektivitas pada berbagai sumber daya perusahaan diantaranya adalah (Yasin, 2013) :
  1. Sumber daya manusia yang mampu bertanggung jawab dan mempunyai kemampuan untuk membangun suasana perusahaan semakin produktif.
  2. Sumber daya produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
  3. Mampu memasarkan produk dengan efektif sehingga dapat meningkatkan produktivitas penjualan.
  4. Laporan keuangan dan akuntansi logistik perusahaan semakin efektif.
  5. Mampu mengikuti kompetitif.


Salah satu perangkat lunak yang menyediakan ERP adalah Odoo 8. Aplikasi ERP Odoo 8 praktis dan mudah untuk digunakan. Interface dirancang untuk kenyamanan pengguna dan menyediakan banyak versi grafik dan diagram pada tampilannya. Untuk dapat mengimplementasikan sistem informasi ERP dibutuhkan rekayasa proses bisnis (business process re-engineering) agar dapat menjalankan proses bisnis yang optimal.

Implementasi sistem informasi dengan ERP Odoo 8 terbukti dapat saling mengintegrasikan entitas yang terlibat dalam proses bisnis perusahaan. Dengan setiap entitas yang saling terintegrasi dapat memudahkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat dan tepat. ERP sangat membantu perusahaan dan konsumen agar tidak terjadi duplikasi data, standarisasi data dan informasi serta meningkatkan produktivitas perusahaan.


O'Leary, D. E. (2000). Enterprise resource planning systems: systems, life cycle, electronic commerce, and risk. Cambridge university press.
Yasin, V. (2013). Pentingnya Sistem Informasi Resource Planning (ERP) Dalam Rangka Untuk Membangun Sumber Daya Pada Suatu Perusahaan. Jurnal : Manajemen Informatika, 4, pp. 1-18.

Loading...

loading...