loading...

Tantangan Dalam Penerapan Sistem ERP




Romney dan Steinbart (2015) menyatakan bahwa ada beberapa tantangan utama untuk bisa mengimplementasikan sistem ERP, diantaranya adalah ;
·                Biaya implementasi penerapan sistem ERP yang kompleks dan mahal.
·                Software ERP sendiri terlalu sulit bagi perusahaan untuk diterapkan.
·                Penerapan sistem ERP membutuhkan waktu yang lama untuk perubahan besar.
·                Adanya personil atau karyawan yang dirugikan telah membuat mereka kelelahan / terbebani dengan tanggungjawab lebih besar akibat perubahan proses dari bisnis tersebut.

Turban dan Volonino (2010), menyebutkan bahwa ada dua tantangan / kelemahan yang dihadapi dalam penerapan sistem ERP tersebut, diantaranya adalah :
·                ERP ini tidak dirancang untuk menangani sejumlah besar produk dari perusahaan tersebut.
·                ERP tidak dapat memproses transaksi yang diperlukan untuk memasok kebutuhan pelanggan dengan pesanan mereka.

Sedangkan ISACA (2001) mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi untuk mengimplementasikan sistem ERP ini terdapat pada sejumlah vendor ERP yang telah mengalami kemerosotan sesekali dalam penjualan dan pendapatan, namun dengan adanya pertumbuhan / perkembangan secara tren dalam waktu jangka panjang sehingga secara keseluruhan untuk ERP dapat telah terus berlanjut atau adanya keberlanjutan.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...