loading...

ALASAN UNTUK LEASING


Alasan yang baik untuk Leasing
Leasing adalah pilihan yang baik jika setidaknya salah satu dari berikut ini benar :
1. Pajak akan dapat dikurangi dengan leasing.
2. Kontrak sewa akan mengurangi beberapa jenis ketidakpastian.
3. Biaya transaksi akan lebih tinggi untuk membeli aset dan pembiayaan dengan utang atau ekuitas daripada menyewa aset.

Keuntungan Pajak
Keuntungan pajak leasing ada karena perusahaan berada dalam kurung pajak yang berbeda. Baik lessor dan lessee dapat memperoleh jika tarif pajak mereka berbeda karena lessor menggunakan depresiasi dan pajak bunga perisai yang tidak dapat digunakan oleh penyewa.

Karena kedua belah pihak bisa mendapatkan ketika tarif pajak yang berbeda, pembayaran sewa disepakati melalui negosiasi. Sebelum negosiasi dimulai, masing-masing pihak perlu mengetahui pembayaran pemesanan kedua belah pihak. Ini adalah pembayaran yang akan membuat salah satu pihak tidak peduli apakah itu memasuki kesepakatan sewa. Dengan kata lain, ini adalah pembayaran yang membuat nilai sewa nol. Pembayaran ini dihitung berikutnya.

Sebuah Pengurangan Ketidakpastian
Ketika kontrak sewa ditandatangani, mungkin ada ketidakpastian besar tentang nilai residu aset. Jadi, di bawah kontrak sewa, risiko residual ini ditanggung oleh lessor. Sebaliknya, pengguna menanggung risiko ini ketika membeli.

Ini adalah akal sehat bahwa pihak yang paling mampu untuk menanggung risiko tertentu harus melakukannya. Jika pengguna memiliki risk aversion kecil, dia tidak akan menderita dengan membeli. Namun, jika pengguna sangat menolak risiko, ia harus mencari pihak ketiga lessor lebih mampu asumsi beban ini.

Biaya transaksi
Biaya perubahan kepemilikan aset yang umumnya lebih besar daripada biaya penulisan perjanjian sewa. Sayangnya, sewa menghasilkan biaya agensi juga. Misalnya, penyewa mungkin menyalahgunakan atau terlalu sering menggunakan aset karena dia tidak memiliki kepentingan dalam nilai sisa aset. Biaya ini akan secara implisit dibayarkan oleh penyewa melalui pembayaran sewa yang tinggi. Meskipun lessor dapat mengurangi biaya agensi tersebut melalui pemantauan. Dengan demikian, leasing adalah yang paling bermanfaat ketika biaya transaksi pembelian dan penjualan kembali lebih besar daripada biaya agensi dan biaya monitoring dari sewa.

Alasan buruk untuk Leasing
Leasing dan Pendapatan Akuntansi
Akuntansi pendapatan, pembilang dari rumus ROA, lebih tinggi dengan sewa operasi dibandingkan dengan pembelian. Karena biaya akuntansi dengan sewa dikapitalisasi analog dengan depresiasi dan bunga dengan pembelian, peningkatan laba akuntansi tidak terjadi ketika sewa dikapitalisasi.

100% Pembiayaan
Hal ini sering mengklaim bahwa sewa menyediakan pembiayaan 100%, sedangkan pinjaman peralatan dijamin memerlukan pembayaran awal bawah. Analisis sebelumnya menunjukkan bahwa sewa tidak mengizinkan tingkat yang lebih besar dari jumlah kewajiban daripada pembelian dengan pinjaman.

Alasan lain
Ada banyak alasan khusus bahwa beberapa perusahaan mencari keuntungan di leasing. Dalam satu kasus terkenal, yaitu ; Angkatan Laut AS disewakan tanker armada untuk alokasi Kongres. Dengan demikian, sewa dapat digunakan untuk menghindari sistem kontrol belanja modal yang didirikan oleh perusahaan birokrasi.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...