loading...

COBIT




Kerangka  kerja dari COBIT 5 menjelaskan best praktik untuk tata kelola yang efektif serta manajemen IT. COBIT 5 didasarkan pada lima prinsip utama tata kelola TI dan manajemen. Prinsip-prinsip tersebut membantu organisasi membangun sebuah ttata kelola yang efektif serta kerangka kerja manajemen yang melindungi investasi stakeholder dan menghasilkan sistem informasi terbaik.

1.              Memenuhi kebutuhan – kebutuhan stakeholder. COBIT 5 membantu para pengguna menyesuaikan proses bisnis dan prosedur untuk menciptakan suatu sistem informasi yang memberikan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk menciptakan keseimbangan antara risiko dan imbalan.
2.              Melingkupi perusahaan end-to-end. COBIT 5 tidak hanya berfokus pada operasi TI, tetapi juga mengintegrasikan semua fungsi IT dan proses kedalam fungsi dan rposes perusahaan akan lebih luas.
3.              Menerapkan kerangka tunggal yang terintegrasi. COBIT 5 dapat diselaraskan pada tingkat tinggi bersama standar dan kerangka kerja lainnya sehingga kerangka kerja yang menyeluruh dalam tata kelola IT dan manajemen diciptakan.
4.              Memungkinkan sebuah pendekatan holistik. COBIT 5 memberikan pendekatan holistik yang menghasilkan tata kelola dan manajemen yang efektif atas semua fungsi IT di dalam perusahaan.
5.              Memisahkan tata kelola dari manajemen. COBIT 5 membedakan antara tata kelola dan manajemen.

Perbandingan mengkonsilidasikan IT untuk suatu pengendalian internal (Romney and Steinbart, 2012) :

Tujuan COBIT
Pengoperasian sistem yang efektif dan efisien, kerahasiaan, kesatuan dan ketersediaan informasi yang dilengkapi dengan sistem pelaporan keuangan yang handal disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.
Pengguna
Manajemen, operator dan auditor sistem informasi.
Proses
Perencanaan dan organisasi, akuisis dan implementasi, epngiriman dan dukungan, dan monitoring dan evaluasi.
Fokus Pengendalian
Teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan.
Pertanggungjawaban atas Sistem Pengendalian
Ditujukan kepada manajemen.
Komponen Pengendalian
Perencanaan dan pengorganisasian, pemanduan dan penetapan, pengawasan atas dukungan serta pendistribusian.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...