loading...

Saham Preferen


Saham preferen adalah sekuritas campuran yang serupa dengan obligasi dalam beberapa hal dan dengan saham biasa dalam hal lainnya. Saham preferen ('Preferred stock) juga adalah bagian saham yang memiliki tambahan hak melebihi saham biasa. Tahun 1980-an ditandai dengan menjamurnya inovasi dalam pembiayaan saham preferen :
 Saham preferen dengan suku bunga mengambang atau dapat disesuaikan.
 Saham preferen pasar uang, atau lelang pasar.

Saham preferen biasanya memiliki prioritas lebih tinggi dibanding saham biasa dalam pembagian dividen dan aset, dan kadangkala memiliki hak pilih yang lebih tinggi seperti kemampuan untuk memveto penggabungan atau pengambilalihan atau hak untuk menolak ketika saham baru dikeluarkan (yaitu, pemgang saham preferen dapat membeli saham yang dikeluarkan sebanyak yang dia mau sebelum saham itu ditawarkan kepada orang lain).

Ada beberapa jenis saham preferen, antara lain:
 Saham preferen partisipasi, saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnnya; pemilik saham ini setelah menerima deviden tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa (participating preference shares).
 Saham preferen nonkumulatif, saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk memdapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif (noncummulative preferred stock).

Karakteristik saham preferen :
Preferen stock : fix, no control, get paid before common.
Saham yg memberikan sejumlah dividen yang tetap jumlahnya dalam waktu yang tak terbatas. Karena saham preferen tidak mempunyai tanggal jatuh tempo, maka penilaian saham preferen merupakan suatu perpetuitas.
                                                                        Dps
                                                               Po = Kps
P0 = Nilai saham preferen
Dps = dividend saham preferen
Kps = tingkat return yang disyaratkan pd saham preferen

Contoh :
Microsoft mempunyai saham preferen dengan dividen yang dibayarkan sebesar Rp1.500 tiap tahun. Tingkat return yang diinginkan investor adalah 14%. Berapa nilai sekarang saham preferen?
V=Dp/kp
= 1500/0,14
= Rp 10.714,28

Nilai saham sama seperti finansial assets yang lainnya adalah present value dari aliran kas di masa yang akan datang.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...