loading...

MEMILIH JALUR DIVERSIFIKASI

MEMILIH JALUR DIVERSIFIKASI : BISNIS BERKAITAN DAN TIDAK BERKAITAN.

Setelah perusahaan memutuskan untuk diversifikasi, menghadapi pilihan apakah untuk diversifikasi ke bisnis terkait, bisnis yang tidak terkait, atau campuran keduanya. Bisnis dikatakan terkait ketika rantai nilai mereka menunjukkan hubungan bisnis lintas kompetitif penting. Dengan ini, kita berarti bahwa ada korespondensi yang erat antara bisnis dalam hal bagaimana mereka melakukan kegiatan rantai nilai kunci dan sumber daya dan kemampuan masing-masing perlu melakukan kegiatan tersebut. Daya tarik besar diversifikasi terkait adalah untuk membangun nilai pemegang saham dengan memanfaatkan ini hubungan bisnis lintas menjadi keunggulan kompetitif, sehingga memungkinkan perusahaan secara keseluruhan untuk melakukan lebih baik daripada hanya jumlah usaha individu. Bisnis dikatakan berhubungan ketika kebutuhan sumber daya dan kegiatan rantai nilai kunci begitu berbeda yang tidak ada hubungan bisnis lintas kompetitif penting ada.

Sebuah perusahaan dikatakan memiliki diversifikasi berkaitan (tingkat diversifikasi rendah) ketika terjalin hubungan di antara unit – unit bisnisnya, misalnya unit – unit mungkin berbagi produk atau jasa, teknologi, atau jaringan distribusi. Semakin erat jalinan di antara unit – unit bisnis, semakin terkait diversifikasinya yang berarti semakin rendah tingkat diversifikasinya. Diversifikasi berkaitan berarti organisasi masuk ke dalam aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan bisnis utama atau bisnis inti perusahaan, biasanya melalui pasar atau teknologi yang ada atau saling melengkapi. Oleh karena itu, diversifikasi berkaitan terpilih sebagai strategi tingkat perusahaan yang berusaha untuk menggali jangkauan ekonomis di antara unit – unit bisnisnya. Jangkauan ekonomis adalah penghematan biaya yang berkaitan dengan penstransferan kapabilitas dan kompetensi yang dikembangkan dalam satu bisnis ke sebuah bisnis yang baru.

Strategi diversifikasi tidak berkaitan adalah bentuk strategi pertumbuhan dimana perusahaan masuk ke industri yang tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan strategi yang ada. Ketika realisasi manajemen di industri sekarang tidak lagi menarik dan bahwa terdapat kesulitan menstransfer kemampuan atau keahlian yang dimiliki perusahaan ke produk atau jasa yang berkaitan di industri lain, maka strategi diversifikasi tidak berkaitan akan menjadi pilihan perusahaan. Ketidakberkaitan unit – unit bisnis merujuk pada tidak adanya hubungan langsung di antara bisnis – bisnis. Perusahaan memilih untuk masuk ke industri baru dimana tidak ada kemungkinan koneksi, hubungan atau sinergi potensial, umumnya ketika bisnis inti perusahaan dan industri yang berhubungan tidak lagi menawarkan pertumbuhan pasar potensial yang cukup besar. Sehingga untuk memperoleh pertumbuhan yang cukup besar, perusahaan harus melihat industri lain walaupun tidak memiliki keterkaitan dengan bisnis yang ada. Strategi diversifikasi tidak berkaitan juga dilakukan karena sumberdaya, kapabilitas dan kompetensi khususnya tidak dapat dengan mudah diterapkan ke industri lain di luar bisnis intinya. Hal ini akan membatasi pertumbuhan perusahaan. Oleh karenanya perusahaan kemudian memutuskan melakukan strategi diversifikasi tidak berkaitan.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...