loading...

PRODUKSI


REVIEW ATAS PROSES BISNIS UTAMA DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR : PRODUKSI

Kata Pengantar
Romney and Steinbart (2015:441-443) Siklus produksi adalah berulang kegiatan bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang berhubungan dengan pembuatan produk. Sebagai imbalannya, sistem informasi siklus produksi mengirimkan informasi siklus pendapatan tentang barang jadi yang telah diproduksi dan tersedia untuk dijual. Meskipun akuntan terlibat terutama pada langkah keempat, akuntansi biaya, mereka harus memahami tiga proses lain untuk dapat merancang laporan yang menyediakan manajemen dengan informasi yang dibutuhkan untuk mengelola kegiatan siklus produksi perusahaan manufaktur modern.

Sistem Informasi Akuntansi Siklus Produksi
Proses
Perhatikan bagaimana sistem produksi siklus informasi terintegrasi baik data operasional dan keuangan dari berbagai sumber (Romney and Steinbart, 2015:444).
Ancaman Dan Pengendalian Dalam Siklus Produksi

Menurut Romney and Steinbart (2015:445), ada beberapa ancaman dan pengendalian dalam siklus produksi, diantaranya adalah :
Product Design
- Bill of materials ; dokumen yang menentukan nomor bagian, deskripsi, dan kuantitas setiap komponen yang digunakan dalam produk.
- Operations list ; dokumen yang menentukan urutan langkah-langkah untuk mengikuti dalam membuat suatu produk, yang peralatan untuk digunakan, dan berapa lama setiap langkah harus mengambil.

Planning and Scheduling
 Production planning methods
- Manufacturing resource planning (MRP-II) ; perpanjangan perencanaan sumber daya bahan yang berusaha untuk menyeimbangkan kapasitas produksi yang ada dan bahan baku kebutuhan untuk memenuhi tuntutan penjualan diperkirakan. Juga dirujuk sebagai dorongan manufaktur karena barang yang diproduksi di harapan permintaan pelanggan.
- Lean manufacturing ; memperluas prinsip-prinsip sistem persediaan just-in-time untuk seluruh proses produksi untuk meminimalkan atau menghilangkan persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi. Lean manufacturing sering dirujuk sebagai manufaktur tarik karena barang yang diproduksi dalam menanggapi permintaan pelanggan.
 Key documents and forms
- Master production schedule (MPS) ; menentukan berapa banyak setiap produk yang akan diproduksi selama periode perencanaan dan kapan produksi yang harus terjadi.
- Production order ; dokumen otorisasi pembuatan sejumlah tertentu produk tertentu.
- Materials requisition ; kewenangan penghapusan kuantitas yang diperlukan bahan baku dari gudang.
- Move tickets ; dokumen yang mengidentifikasi transfer internal bagian, lokasi yang mereka ditransfer, dan waktu transfer.

Production Operations
- Computer-integated manufacturing (CIM) ; pendekatan manufaktur di mana banyak dari proses manufaktur dilakukan dan dipantau oleh peralatan komputerisasi, sebagian melalui penggunaan robotika dan koleksi real-time dari kegiatan manufaktur.
- Request for proposal (RFP) ; permintaan oleh organisasi atau departemen untuk pemasok untuk menawar untuk memasok aset tetap yang memiliki karakteristik tertentu.

Cost Accounting
- Job-order costing ; sistem biaya yang memberikan biaya untuk batch produksi tertentu atau pekerjaan.
- Process costing ; sistem biaya yang memberikan biaya untuk setiap proses, atau pusat kerja, dalam siklus produksi, dan kemudian menghitung biaya rata-rata untuk semua unit yang diproduksi.
- Job-time ticket ; dokumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas kerja dengan mencatat jumlah waktu seorang pekerja dihabiskan untuk setiap tugas pekerjaan tertentu.
- Manufacturing overhead ; semua biaya manufaktur yang tidak layak secara ekonomis untuk melacak langsung ke pekerjaan atau proses tertentu.
- Activity-based costing (ABC) ; sistem biaya yang dirancang untuk melacak biaya untuk kegiatan yang membuat mereka.
- Cost driver ; apa pun yang memiliki hubungan sebab-akibat biaya.
- Throughput ; ukuran efisiensi produksi mewakili jumlah "baik" unit yang diproduksi dalam jangka waktu tertentu.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...