loading...

HUBUNGAN ANTARA ARUS KAS DARI OPERASI, INVESTASI, DAN AKTIVITAS PENDANAAN


Penyebab penyebab perubahan kas dikelompokkan ke dalam tiga macam kelompok: (1) Operasi, kegiatan operasi mencakup semua kegiatan yang melibatkan secara langsung produksi dan pengiriman barang atau jasa; (2) Investasi, kegiatan Investasi termasuk pengeluaran untuk (dan hasil dari disposisi) aset dimaksudkan untuk digunakan untuk menghasilkan arus kas dan (3) Pendanaan, aktivitas pendanaan termasuk kas yang diterima dari (atau kembali ke) penyedia modal seperti bank, lembaga keuangan lainnya, dan pemegang saham.
Produk model siklus hidup memberikan wawasan yang berguna tentang hubungan antara penjualan, laba bersih, dan arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan kegiatan keuangan untuk satu produk. Tahap siklus hidup produk (yaitu, pengenalan, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan).
a. Selama tahap perkenalan dan pertumbuhan, aliran kas dari operasi biasanya negatif.
b. Pada tahap pertumbuhan, aliran kas bersih (net) bisa negatif atau positif tergantung tingkat pertumbuhan dan besarnya investasi.
c. Pada tahap kedewasaan, kas (net) biasanya positif.
d. Pada tahap penurunan, kas (net) biasanya negatif.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...