loading...

KONSEP INDENPENDENSI


1. Pengertian dan Jenis Independensi
Secara spesifik, independensi bagi para auditor adalah kemauan dan kemampuan para auditor untuk senantiasa mempertahankan sikap yang bebas atau tidak terikat oleh kepentingan manapun dan tekanan dari pihak siapapun, termasuk kepentingannya sendiri, dalam menentukan putusan yang tepat pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil audit.
Setiap auditor harus memelihara agar independensinya terjaga dan waspada terhadap kemungkinan pengaruh pihak lain, terutama pihak klien, yang berkepentingan untuk mengarahkan tindakan-tindakan serta isi laporan audit agar sesuai dengan kemauannya.
Jika dianalisis lebih lanjut, sesungguhnya kualitas independensi dalam audit sangat bergantung kepada individu auditor sendiri. Apabila auditor selalu berupaya secara nyata untuk memposisikan dirinya dan tindakan-tindakannya secara independen, maka setiap hambatan atas hal itu seharusnya dinyatakannya dalam laporan akhir.


2. Independensi Auditor
Independensi sesungguhnya merupakan “state of mind” atau sesuatu yang dirasakan oleh masing-masing menurut apa yang diyakininya berlangsung.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...