loading...

Return On Assets (ROA)


ROA adalah hubungan laba tahunan setelah pajak terhadap total aktiva (saldo rata – rata / akhir), yang digunakan sebagai ukuran produktivitas (Helfert, 1996 : 339).
ROA merupakan bentuk paling mudah dari pengukuran kinerja yang terdahulu yaitu dengan menghubungkan laba bersih (pendapatan bersih) yang dilaporkan terhadap total aktiva di neraca. Aktiva bersih (total aktiva dikurangi kewajiban lancar) juga dapat digunakan, dimana kewajiban operasi pada dasarnya mendukung sebagian aktiva lancar tanpa memerlukan biaya. Aktiva bersih itu juga disebut kapitalisasi perusahaan atau investasi modal, yang menyajikan bagian total aktiva yang didukung oleh ekuitas dan hutang jangka panjang.
Rumus dasar untuk pengembalian atas aktiva (return on assets / ROA) adalah : (Helfert, 1996 : 102)
Pengembalian atas aktiva = laba bersih
                                             Aktiva
Diketahui bahwa laba bersih berkaitan dengan perputaran laba, juga penjualan. Jadi rumus ROA tersebut dapat dinyatakan kembali sebagai berikut :
Pengembalian atas aktiva (ROA) = laba bersih X Penjualan
                                                           Penjualan Aktiva

Hubungan antara rumus dasar dan rumus kedua dapat diperluas dengan menggantikan lebih banyak unsur ke dalam persamaan dasar :

ROA = (Marjin kotor – Beban)(1 – Tarif pajak) X Harga X Volume
                            Harga X Volume Aktiva tetap + Lancar + Lainnya

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...