loading...

PERILAKU ILMIAH


Beberapa sikap atau perilaku utama yang selalu dijumpai dalam aktivitas keilmuan oleh para ilmuwan, adalah sebagai berikut :
1. Sifat Ingin Tahu
Perilaku mendasar yang dimiliki oleh setiap ilmuwan adalah sifat keingintahuannya yang tidak terbatas. Dalam batas cakupan bidangnya, seorang ilmuwan adalah seorang filsuf. Dia terus berusaha untuk mengajukan pertanyaan : Mengapa? Mereka melihat begitu banyak pertanyaan yang memerlukan riset dan penyelidikan untuk mengungkapkan mengapa hal itu terjadi atau dapat terjadi.

2. Sifat Terbuka
Para ilmuwan mengakui dan wajib untuk selalu bersikap terbuka mempertimbangkan hasil pekerjaan sejawatnya. Kegiatan keilmuan (scientific) memang pada kenyataannya berlangsung secara berkesinambungan dengan perulangan, review, dan revisi. Hal ini terjadi karena sejatinya, setiap ilmuwan seyogyanya berusaha menghilangkan mental bias untuk selalu merasa benar, dengan selalu terbuka pada kemungkian kekurangan dan kelemahan dari hasil pekerjaannya, mungkin karena konsepnya yang tidak solid, dukungan data yang tidak memadai, atau metode yang kurang kuat (rigorous).

3. Sifat Inklusif
Terkait pula dengan sikap terbuka di atas, ilmuwan seyogyanya mempunyai tujuan yang inklusif. Artinya, ia melakukan kegiatan bukan hanya sekadar untuk memenuhi keinginan dirinya atau pihak tertentu.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...