loading...

Membangun Brand Awareness


Brand awareness atau kesadaran merek merupakan salah satu cara untuk mengukur efektivitas pemasaran yang diukur oleh kemampuan pelanggan untuk mengenali dan/ atau mengingat nama, gambar atau tanda-tanda lain yang terkait dengan merek tertentu. Brand awareness menjadi salah satu pemicu penting dalam brand yang kuat ( pemicu lainnya adalah diferensiasi yang relevan). Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa brand awareness memiliki korelasi yang tinggi dengan intensitas pembelian, pangsa pasar dan ekuitas merek penting lainnya serta matriks bisnis.

Jika perusahaan telah menciptakan sebuah produk yang superior dan memiliki harga yang menyampaikan nilai yang sangat baik dan dukungan produk yang memiliki layanan yang tak tertandingi, namun taka ada seorang pun yang pernah mendengar perusahaan anda atau produk anda, maka anda akan sangat sulit untuk melakukan penjualan produk anda. Oleh karena itu, brand awareness atau kesadaran akan sebuah merek sangat penting. Brand awarness menjadi landasan merek yang kuat.

Dalam membangun sebuah kesadaran akan merek, salah satu cara yang memiliki pengaruh besar adalah iklan. Iklan dapat memberikan paparan yang berulang pada sebuah merek dan dengan iklan pula identitas dari sebuah brand dapat secara konsisten disajikan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengekspose produk secara berulang :
1. Distribusi yang ekstensif
2. Publisitas dan merek yang terkait dengan cerita / artikel
3. Penempatan produk dalam film atau game
4. Pemasaran secara langsung
5. Keberadaan web (internet) yang kuat
6. Pemasaran WOM
7. Frekuensi program
8. Merchandise dengan logo produk
9. Merek lisensi
10. Online dan teknik viral marketing
11. Sebuah kehadiran yang kuat di pameran perdagangan dan dalam majalah perdagangan
12. Pemikiran kepemimpinan di industri – kertas putih, pidato, diskusi meja bundar, konferensi pengguna, pembandingan praktek terbaik, dll
13. Branding di seragam karyawan, sisi kendaraan, di depan gedung, dll
14. Brand signature pada semua pesan email
15. Program mempromosikan percobaan produk
16. Merek yang berhubungan dengan kontes

Sebuah identitas yang kuat membutuhkan ikon yang kuat, tagline yang menekankan brand promise, serta sistem identitas yang fungsional. Sistem manajemen aset digital adalah pemicu yang baik dalam penggunaan yang konsisten.

Setelah anda memiliki basis konsumen yang eksis, penting bagi merek anda untuk tetap berada di top of mind dari konsumen anda. Hal ini penting agar mereka selalu mengingat merek anda ketika mereka siap untuk melakukan pembelian ulang. Dan jika rekan-rekan dari konsumen anda membutuhkan referensi, anda tentu menginginkan perusahaan anda menjadi rekomendasi pertama dari konsumen anda.

Untuk menjaga kesadaran merek (brand awareness), anda harus memiliki tujuan akan usaha yang berkelanjutan dan bukan hanya satu kali gebrakan. Untuk melakukan hal ini, anda dapat membangun filosofi operasi dan standar yang anda yakini, dan buatlah agar filosofi serta standar ini mudah untuk dipelihara.

Jika produk atau jasa anda menyampaikan brand promise, maka brand awareness merupakan cara memulai yang baik. Akan lebih sulit dan tidak disarankan untuk memaksakan kesadaran suatu objek jika pemasaran mengklaim satu hal tetapi konsumen anda memiliki pengalaman yang lain. Gap diantara persepsi dan kenyataan akan menghambat pertumbuhan kepercayaan pelanggan. Tanpa kepercayaan, konsumen akan menyebarkan kata-kata yang negatif.

Letakkkanlah dasar untuk membangun kepercayaan dengan mempertimbangkan semua stakeholder dalam bisnis, baik internal maupun eksternal. Sangatlah penting bagaimana pandangan mereka terhadap organisasi anda. Perspektif mereka akan perusahaan anda dapat menjelaskan bayangan mengenai perusahaan yang tidak pernah anda sadari sebelumnya. Menjadi akrab secara intim dengan bagaimana orang mempersepsikan bisnis dan nilai, mulai dari konsumen hingga pegawai baru.

Mempertimbangkan mengumpulkan informasi ini dan menganalisanya merupakan latihan personal anda dalam membangung brand awareness. Beberapa yang anda pelajari mungkin tidak akan membantu, namun mengetahui adalah langkah pertama untuk perbaikan.

Ketika anda sudah merasa nyaman dengan brand promise anda, di mana sudah sejalan antara pengalaman dengan tawaran perusahaan dan anda memahami bagaimana brand anda dipersepsikan oleh para stakeholder, anda dapat memikirkan cara agar orang-orang tersebut membagikan kata-kata yang positif tentang brand anda dalam jaringan mereka. Terkadang, dapat dilakukan dengan sederhana, yakni dengan meminta mereka untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan brand awareness dan mempertahankannya, anda harus dapat memegang teguh brand promise anda, dan menyampaikannya dengan konsisten dalam setiap interaksi dengan konsumen. Perlakukanlah pegawai dan konsumen anda dengan hormat dan apresiasi, dan mereka pun akan mempromosikan merek anda pada siapapun yang mau mendengar.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...