loading...

Asurans Terhadap Kualitas Informasi yang Diungkapkan dan Sistem Pengendalian Internal


Audit internal berperan sebagai jasa penjaminan (independent assurance) dan konsultasi (consulting services) untuk setiap aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan seperti resiko manajemen, pengendalian internal, pelaporan keuangan dan fungsi corporate governance yang lainnya.

Pengendalian internal (internal control) merupakan bagian integral dari sistem informasi akuntansi. Pengendalian internal itu sendiri adalah suatu proses yang dijalankan untuk dewan komisaris, manajemen, dan personel lain dalam perusahaan, yang didesain untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang dipenuhinya tujuan pengendalian. Adapun kriteria dari pengendalian internal, yaitu : (a) Keandalan pelaporan keuangan, (b) efektivitas dan efisiensi operasi, dan (c) keputusan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

Dengan menetapkan serta menerapkan pengendalian internal secara baik dan benar pada suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dalam mencapai tujuan dan dapat meminimalkan risiko. Dengan ditetapkannya pengendalian internal dalam sistem informasi akuntansi, maka sistem informasi akuntansi (Accounting information system) akan menghasilkan informasi akuntansi yang lebih berkualitas (tepat waktu, relevan, akurat, dan lengkap), dan dapat diaudit (Auditable).

Jasa penjaminan adalah jasa profesional independen yang meningkatkan mutu informasi bagi pengambil keputusan. Pengambil keputusan memerlukan informasi yang andal dan relevan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, mereka mencari jasa penjaminan untuk meningkatkan mutu informasi yang akan dijadikan sebagai dasar keputusan yang akan mereka lakukan. Seorang auditor internal berada di dalam posisi dimana mereka haruslah dapat memberikan jaminan atas setiap tindakan yang dilakukan oleh sebuah entitas. Sebagai tambahan seorang auditor internal dituntut untuk dapat bekerja sama dengan seorang auditor eksternal di dalam integrated audit of internal control and financial statement.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...