loading...

Tiga Tingkatan Strategi dalam Perusahaan



1. Strategi tingkat korporat memiliki pertanyaan, “apakah bisnis perusahaan?” Strategi tingkat korporat mempengaruhi organisasi secara keseluruhan, gabungan unit bisnis, dan lini produk yang membentuk korporat. Tindakan stratejik pada tingkatan ini terkait dengan akuisisi bisnis baru; penambahan atau divestasi unit bisnis, pabrik, atau lini produk; dan joint venture dengan perusahaan lain. Strategi tingkat korporat memiliki pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
a. Di pasar manakah perusahaan bersaing saat ini?
b. Di pasar manakah perusahaan akan bersaing di masa depan?
c. Bagaimana kepemilikan bisnis oleh perusahaan menjamin daya saing perusahaan saat ini dan di masa depan?

2. Pertanyaan, “bagaimana kita bersaing?” adalah perhatian dari strategi tingkat bisnis.
a. Strategi tingkat bisnis mempengaruhi setiap unit bisnis atau lini produk.
b. Strategi tingkat bisnis fokus kepada bagaimana unit bisnis bersaing di dalam industrinya untuk pelanggan.
c. Keputusan stratejik pada tingkat bisnis meliputi jumlah iklan, arahan dan tingkat penelitian dan pengembangan, perubahan produk, pengembangan produk baru, peralatan dan fasilitas, serta ekspansi atau kontraksi lini produk.
Pertanyaan, “bagaimana kita mendukung strategi bersaing tingkat bisnis?” adalah perhatian dari strategi tingkat fungsional.

Strategi tingkat fungsional mempengaruhi departemen dalam unit bisnis. Strategi fungsional melibatkan semua fungsi utama, temasuk keuangan, R&D, pemasaran, dan manufaktur.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...