loading...

Accounting Information (Informasi Akuntansi)



Informasi akuntansi yang terpenting adalah laporan keuangan. Karena dengan laporan keuangan pihak kreditor dapat melihat perkembangan kinerja usaha dan dapat memperkirakan kinerja usaha di masa yang akan datang (Zuliyati dan Zukirman, 2016:168). Tersedianya informasi yang lebih akurat melalui informasi akuntansi yang dihasilkan diduga tidak mempengaruhi keputusan atas masalah yang dihadapi manajemen (relevance).

Jenis informasi akuntansi yang disajikan dan digunakan oleh perusahaan kecil menunjukkan bahwa informasi akuntansi utama yang banyak disiapkan dan digunakan perusahaan kecil adalah informasi yang diharuskan menurut undang-undang (statutory), yaitu Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Arus Kas. Sementara itu, informasi akuntansi yang sebagian besar di buat oleh UMKM adalah Buku kas, dan Buku Pesanan atau buku penjualan/nota penjualan., sedangkan ada sebagian kecil UMKM yang membuat buku pembayaran upah karyawan, buku persediaan, buku laporan kas harian, buku penerimaan bahan baku, laporan neraca dan R/L secara sederhana dan manual.



Belkaoui (2000) mendefinisikan informasi akuntansi sebagai informasi kuantitatif tentang entitas ekonomi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam menentukan pilihan – pilihan dan alternatif-alternatif tindakan. Pengguna informasi akuntansi untuk perencanaan strategis, pengawasan manajemen dan
pengawasan operasional.

Informasi Akuntansi merupakan hal yang sangat penting. Salah satu bentuk dari informasi akuntansi adalah Laporan keuangan menjadi salah satu komponen yang mutlak harus dimiliki oleh UMKM jika mereka ingin mengembangkan usaha dengan mengajukan modal kepada para kreditur yang dalam hal ini adalah pihak perbankan.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...