loading...

Etika Profesi Akuntan AICPA

Add caption


Landasan Etika Profesi Akuntan yang dibangun oleh AICPA mengemban prinsip nilai-nilai yang diorentasikan guna menjaga reputasi
dan kredibilitas tersebut. Beberapa prinsip dasar etika profesi akuntan yang dirumuskan oleh AICPA adalah:

  1. Responsibilities, yaitu menjalankan tanggungjawab sebagai seorang profesional.
  2. The Public Interest, yaitu berorientasi pada pelayanan untuk kepentingan umum,dengan menghargai kepecayaan yang diberikan oleh masyarakat.
  3. Integrity, yaitu menjaga kejujuran dalam menjalankan aktifitas profesional.
  4. Objectivity and Independent, yaitu menjaga obyektifitas, tidak berpihak, senantiasa bersikap independen dalam menjalankan aktifitas profesionalnya.
  5. Due Care, yaitu memahami standar-standar teknis dengan senantiasa secara terus menerus memperbaiki kompetensi dan kualitas pelayanan. 
  6. Scope and Nature of Services, yaitu memahami prinsip-prinsip kode etik profesi dalam menentukan ruang lingkup dan sifat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. 

Jika diteliti secara tajam, maka prinsip-prinsip Etika Profesi Akuntan AICPA banyak dipengaruhi oleh nilai-nilai materialistik dan sekuler serta Permisive yang berkembang di negara-negara barat. Nilai-nilai tersebut mempengaruhi sikap dan tindak masyarakat sehingga menjadi sebuah ajaran ethics yang diakui masyarakat. Dengan demikian model Etika Profesi Akuntan AICPA, jika dicoba ditelaah berdasarkan pada 4 gaya pemikiran dari Perkembangan Moral, yaitu Deontological, Teleological, Conventional, Egois (Fraedrich & Ferrell 1992a, 1992b; Harris & Sutton,1995; Reidenbach & Robin,1990), maka prinsip Etika Profesi AICPA, masih berada pada tahapan Conventional, yaitu prinsip etika yang mengacu pada tindakan yang harus bersesuaian dengan Hukum, Norma dan Kode Etik Profesional.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...