loading...

COMPLETE RATIO ANALYSIS

COMPLETE RATIO



Complete ratio analysis dimaksudkan untuk melihat secara menyeluruh kondisi kinerja perusahaan. Cara yang paling umum dan sering digunakan adalah dengan 1) summary analysis, atau 2) Du Pont system analysis.


  1. Summary Analysis Summary analysis dilakukan dengan menghitung rasio untuk seluruh aspek kegiatan keuangan pada masing-masing kategori. Dengan cara ini kita melakukan analisa atas lima aspek dasar yaitu likuiditas, aktivitas, hutang, profitabilitas dan pasar.
  2. DuPont System of Analysis DuPont system of analysis digunakan untuk memisahkan laporan keuangan dan menilai kondisi keuangan perusahaan. Laporan Laba Rugi dan Neraca digabung dalam dua ukuran profitabilitas yaitu : Return on Total Asset (ROA) dan Return on Common Equity (ROE). Dengan kata lain, analisa DuPont adalah satu tehnik untuk mencari area tertentu yang menentukan satu kondisi keuangan.

Fokus utama dalam system DuPont adalah ROA dan ROE. ROA diperoleh dari perkalian Net Profit Margin dengan Total Asset Turnover (disebut DuPont Formula).

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...