loading...

Proses Bisnis



Proses Bisnis

Kendala proses bisnis yang dihadapi antara lain kalah bersaing dengan kompetitor mereka karena sudah menggunakan teknologi yang handal, pemesanan produk hanya bisa melalui resepsionis dan kesempatan memperoleh konsumen baru sangat kecil karena promosi hanya melalui brosur. Salah satu teknologi yang dapat mengoptimalkan, mengintegrasikan proses bisnis dan membuat proses bisnis menjadi lebih otomatis adalah sistem informasi Enterprise Resource Planning (Wibisono, 2005). Salah satu sistem informasi terpusat dan teknologi yang didapat digunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis adalah Enterprise Resource Planning (ERP). ERP merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, aktivitas dan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan proses bisnis secara lengkap (Sa’diyah, 2013). Perancangan proses bisnis harus menyesuaikan dengan kebutuhan proses bisnis kondisi perusahaan dengan modul yang terdapat pada ERP. Keterkaitan modul dengan proses bisnis dipetakan dalam satu matriks keterkaitan antara modul ERP dengan proses bisnis perusahaan (Rispianda, dkk., 2014).

Untuk mengetahui aliran informasi yang terdapat pada proses bisnis, tahapan selanjutnya adalah membuat data flow diagram. Aliran informasi tersebut saling berhubungan dan mempunyai hubungan langsung dengan perusahaan agar proses bisnis yang berjalan sesuai dengan fungsi pada setiap departemen dan mengetahui input output dari antar departemen. Untuk mengetahui hubungan dari setiap entitas yang terdapat pada proses bisnis, tahapan selanjutnya adalah membuat Entity Relationship Diagram. Berdasarkan proses bisnis yang ditelah dirancang, tahapan selanjutnya adalah mengimplementasikan ERP.



Rispianda, R., Eryanti, F., & Nugraha, C. (2013). Penerapan Sistem Open Source Enterprise Resource Planning pada Perusahaan Elektronika. REKA INTEGRA, 1(3), pp. 285-296.
Sa’diyah, M. A. (2015, May). Analisis Kinerja Pemasaran Melalui Keberhasilan Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Pada Umkm Di Semarang. In Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM) (Vol. 2, No. 1, pp. 150-160).
Wibisono, S. (2005). Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 10(3), pp. 150-159.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...