loading...

Return On Asset (ROA)



Return On Asset (ROA)


Analisis Du Pont System mula-mula dikembangkan oleh manajemen Du Pont Corporation di Amerika Serikat untuk pengendalian divisi,yang prosesnya disebut dengan pengendalian terhadap ROI atau Return on Asset (ROA). Pada dasarnya Du Pont System merupakan integrasi berbagai macam rasio keuangan untuk mengetahui keterkaitan masing-masing rasio keuangan perusahaan, di samping itu, melalui bagan Du Pont diperoleh informasi rinci tentang rasio-rasio keuangan yang mempengaruhi kinerja keuangan sehingga pihak manajemen dapat melakukan pengendalian kinerja keuangan perusahaan secara akurat.

Pendekatan Du Pont System menunjukkan nilai ROI yang dihasilkan melalui perkalian laba dari komponen-komponen penjualan serta efisiensi penggunaan total aset dalam menghasilkan laba. ROI dapat ditingkatkan dengan memperbesar kedua atau salah satu komponen itu.

Pada dasarnya perusahaan melakukan evaluasi kinerja untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan. Penilaian kinerja keuangan memiliki perbedaan antara perusahaan satu dengan lainnya karena setiap perusahaan memiliki perbedaan sifat, ukuran dan struktur.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...