PERAN PROFESI AKUNTAN DALAM KAITANNYA DENGAN SISTEM INFORMASI.

PERAN  PROFESI  AKUNTAN  DALAM  KAITANNYA DENGAN SISTEM INFORMASI.

Peran Akuntan Sehubungan Dengan Suatu AIS
Menurut Wilkinson, Sebagai seorang akuntan, kita akan berinteraksi dengan AIS dan produk – produk informasi dalam setiap perusahaan. Interaksi ini umumnya terdiri dari (1) menggunakan, (2) mengevaluasi, dan (3) mengembangkan AIS. Dengan demikian kita dapat mengambil peran seperti (1) pengguna, (2) evaluator, dan / atau (3) pengembang. Pada gilirannya, peran ini dilakukan dalam konteks posisi tertentu yang mana kita mungkin ditunjuk. Enam posisi yang akrab diasumsikan oleh para akuntan adalah akuntan keuangan, spesialis pajak, akuntan manajerial, manajer akuntansi, auditor, dan pengembang sistem.
Akuntan Keuangan
Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang terutama berkaitan dengan menghasilkan sejarah (misalnya, scorekeeping) informasi yang berorientasi keuangan. Akuntan keuangan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa laporan keuangan sesuai penuh didasarkan pada model akuntansi keuangan maupun GAAP.
Spesialis Pajak
Spesialis pajak memanfaatkan perusahaan AIS untuk mempersiapkan pajak dan untuk memperoleh data untuk perencanaan pajak. Ketika undang-undang pajak berubah, mereka harus menganjurkan revisi terhadap AIS yang memungkinkan untuk memproses informasi yang diperlukan untuk kepatuhan.
Akuntan Manajerial
Akuntan manajerial menggunakan sistem akuntansi manajerial untuk mengembangkan informasi bagi para manajer perusahaan mereka. Mereka harus secara berkala mengevaluasi dan merekomendasikan revisi AIS, khususnya mengenai struktur model keputusan dan format laporan dan analisis. Dengan demikian, akuntan manajerial dipandu terutama oleh kebutuhan informasi dari manajer.
Manajer Akuntansi
Secara Umum, kepala manajer akuntansi dalam suatu perusahaan dikenal sebagai pengendali. Para manajer melaporkan kepada pengendali juga termasuk kepala akuntan keuangan, kepala akuntan biaya, dan manajer anggaran. Para manajer tersebut memandu kegiatan akuntan dalam peran yang berbeda. Jadi mereka menggunakan AIS untuk memperoleh informasi untuk mengendalikan kegiatan akuntansi, mengevaluasi kinerja akuntan staf, dan merencanakan arah fungsi akuntansi perusahaan.
  
Auditor
Auditing memiliki tujuan mengevaluasi produk informasi sistem informasi akuntansi atau berbagai aspek operasional dari SIA itu sendiri. Sebagai contoh, pengauditan mengevaluasi realibilitas dan integritas informasi sitem informasi akuntansi dan pengendalian internal yang memadai sistem informasi akuntansi. Meskipun berbagai tipe audit ditunjukkan, audit keuangan merupakan hal yang paling umum. Dalam tipe audit ini evaluasi didasarkan pada review atau revisi akuntansi dan prosedur dan lingkungan pengendalian, pengujian atas pengendalian yang ada, serta pengujian substantif atas catatan – catatan akuntansi.

Auditor mengevaluasi kecukupan fitur (misalnya, pengendalian internal) dimasukkan dalam SIA. Disamping itu, beberapa auditor membuktikan kewajaran laporan keuangan yang dihasilkan oleh SIA. Meskipun auditor memberi perhatian terutama dengan evaluasi, mereka membuat ekstensif menggunakan AIS. Juga, mereka dapat merekomendasikan perubahan desain pada AIS, terutama berkaitan dengan pengendalian internal. Proses berbasis komputer dapat sangat membantu dalam hal ini. Bahkan, auditor yang sangat akrab dengan sistem berbasis komputer dan teknik audit terkait (sistem informasi sering disebut auditor) yang sangat diminati.
Pengembang Sistem
Akuntan dapat terlibat dalam pengembangan sistem dalam berbagai kapasitas. Sebagai karyawan perusahaan yang sistem mereka menganalisis dan desain, akuntan dapat ditugaskan secara permanen untuk departemen sistem informasi perusahaan. Lebih sering, akuntan berperan penuh waktu sistem pengembang dengan menjadi ditugaskan untuk tim proyek desain sistem. Misalnya, seorang akuntan di departemen akuntansi biaya dapat ditugaskan untuk kontrol produksi tim proyek desain, bersama-sama dengan analis sistem dari departemen informasi dan perencana produksi dari departemen produksi. Ketika proyek selesai, akuntan kembali untuk tanggung jawabnya di departemen akuntansi biaya. Secara lain di mana akuntan dapat berpartisipasi dalam pengembangan sistem adalah dalam kapasitas konsultasi. Konsultan sistem merupakan anggota kantor akuntan publik, di mana mereka dapat disebut konsultasi spesialis jasa. Mereka membantu perusahaan klien untuk mengevaluasi semua aspek AIS mereka, termasuk kontrol dan basis data serta laporan. Mereka juga merancang atau mengembangkan AIS yang baru, merekomendasikan sistem komputer yang sesuai, menginstal sistem komputer, dan melatih personil dalam penggunaannya.
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...