loading...

Pertumbuhan Perusahaan


Pertumbuhan adalah dampak arus kas dana perusahaan dari perubahan operasional yang disebabkan oleh pertumbuhan atau penurunan volume usaha (Helfert, 1997 : 333). Pertumbuhan perusahaan sangat diharapkan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan, karena pertumbuhan yang baik memberi tanda bagi perkembangan perusahaan. Dari sudut pandang investor, pertumbuhan suatu perusahaan merupakan tanda perusahaan memiliki aspek yang menguntungkan, dan investor pun akan mengharapkan tingkat pengembalian (rate of return) dari investasi yang dilakukan menunjukkan perkembangan yang baik.
Helfert (1997), menyatakan bahwa pertumbuhan perusahan (badan usaha) memerlukan komitmen pendanaan yang permanen dan terus meningkat. Situasi ini akan berlawanan pada saat pola penurunan. Begitu penjualan (jasa atau barang) menurun manajemen harus berhati-hati dalam menurunkan operasi, modal kerja, dan akiva operasi.
Alasan menggunakan rasio biaya dijelaskan oleh Helfert (1997) yaitu :
a. Tujuan dasar investasi, operasi, dan pendanaan suatu perusahaan adalah meningkatkan nilai ekonomi ekuitas pemilik secara terus menerus. Jadi, keputusan manajemen harus menciptakan nilai ekonomi bagi pemegang saham yang lebih tinggi daripada biaya masukan. Biaya ini antara lain adalah biaya modal yang diperoleh dari berbagai sumber jangka panjang.
b. Dana investasi harus mencerminkan biaya keseluruhan dari sekumpulan dana.

Erich A Helfert (1997) menyatakan bahwa tingkat perputaran portofolio yang lebih tinggi terlihat pada mutual fund yang memiliki kinerja keuangan yang lebih tinggi.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...