Apa Alasan Perusahaan Memilih Bersaing di Pasar Internasional?

Tren bagi perusahaan besar adalah menjadi global dalam orientasi dan strategi. Meskipun demikian, adaptasi produk merupakan tugas yang sama pentingnya yang dilakukan pemasaran perusahaan kecil maupun bagi perusahaan global.

Dengan semakin intensifnya pasar dunia dan globalisasi selera pasar, menjual yang telah diproduksi untuk pasar domestik dengan cara yang sama dengan penjualan di daerah asal terbukti semakin tidak efektif.

Sejumlah produk tidak dapat dijual di pasar asing tanpa modifikasi; produk lain dapat dijual dalam bentuk yang sama, namun akan semakin diterima jika disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan pasar. Dalam perjuangan yang kompetitif, produk dan layanan berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan harga yang terjangkau seharusnya menjadi tujuan setiap perusahaan pemasaran.

Kompetisi Global

Kompetisi global memberikan penekanan baru pada sejumlah prinsip dasar bisnis. Bentuk penekanan tersebut herupa diperpendeknya siklus kehidupan produk dan memfokuskan pada pentingnya kualitas, harga yang bersaing, dan produk inovatif. Kekuatan pada pasar bergerak dari pasar penjual menuju pasar pembeli, dan pasar pembeli memiliki lebih banyak pilihan karena perusahaan bersaing untuk memperoleh perhatian mereka.

Persaingan yang lebih tinggi, pilihan yang lebih banyak, menciptakan kekuatan yang lebih besar di tangan konsumen, dan hal ini, tentu saja, mendorong kebutuhan atas terciptanya kualitas. Hari hari di mana pengetahuan konsumen terbatas pada satu atau sedikit produk saja telah berlalu. Saat ini konsumen mengetahui yang terbaik, termurah dan kualitas yang tertinggi.

Konsumenlah yang mendefinisikan kualitas sesuai dengan kebutuhan dan sumber dayanya. Contohnya, telepon seluler tanpa fitur “roaming—bisa digunakan di mana saja” tidak laku di Jepang, namun di Cina sangat populer. Tanyakan pada UTStarcom, perusahaan California yang akan membuka pasar dalam waktu dekat di India dan Vietnam, dan iuga Cina.’

Produk-produk Amerika selalu termasuk yang terbaik di dunia, namun kompetisi semakin menantang kita untuk membuat produk yang lebih haik lagi. Di banyak pasar global, harga dan kualitas produk termasuk kriteria yang paling penting dalam membeli.

Bagi produk konsumen dan industri sejenis, alasan yang sering dikemukakan dalam memilih merek tertentu dibandingkan dengan yang lain adalah kualitas yang lebih baik dengan harga yang bersaing. Kualitas, sebagai alat persaingan, bukanlah hal baru dalam dunia usaha, namun banyak orang percaya bahwa kualitas merupakan faktor penentu keputusan dalam pasar dunia. Bagaimanapun juga, kita harus berhati hati dalam memaknai kualitas.

Alasan Perusahaan Memilih Bersaing di Pasar Internasional

Sebuah perusahaan dapat memilih untuk memperluas luar pasar domestik untuk salah satu dari lima alasan utama :

  • Untuk mendapatkan akses ke pelanggan baru. Perusahaan sering memperluas internasional untuk memperpanjang siklus hidup produk mereka, seperti Honda telah dilakukan dengan sepeda motor 50 cc-klasik, yang cub Honda (yang masih laris manis di pasar berkembang, lebih dari 50 tahun setelah pertama kali diperkenalkan di Jepang).
  • Untuk mencapai biaya rendah melalui skala ekonomi, pengalaman, dan peningkatan daya beli. Banyak perusahaan didorong untuk mencari pembeli asing untuk produk dan layanan mereka karena mereka tidak dapat menangkap cukup volume penjualan besar dalam negeri untuk sepenuhnya menangkap skala ekonomi dalam pengembangan produk, manufaktur, atau pasar.
  • Untuk lebih mengeksploitasi kompetensi inti. Perusahaan sering dapat memanfaatkan sumber daya mereka secara internasional dengan mereplikasi model bisnis yang sukses, menggunakannya sebagai cetak biru dasar untuk operasi internasional, seperti yang telah dilakukan oleh Starbucks dan McDonalds.
  • Untuk mendapatkan akses ke sumber daya dan kemampuan yang terletak di pasar luar negeri. Sebuah motif yang semakin penting untuk memasuki pasar luar negeri adalah untuk memperoleh sumber daya dan kemampuan yang tidak dapat diakses semudah di pasar rumah perusahaan.
  • Untuk menyebarkan resiko bisnis di seluruh basis pasar yang lebih luas. Sebuah perusahaan menyebar risiko bisnis dengan beroperasi di banyak negara yang berbeda daripada tergantung sepenuhnya pada operasi di pasar domestik. Kemudian, ketika bertemu penurunan ekonomi di pasar dalam negeri, kinerjanya dapat didukung oleh penjualan apung di tempat lain.
Sumber Louis E. Boone, David Kurtz, Pengantar Bisnis Kontemporer Ed. 11
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...