APA SUMBER DAYA DAN KAPABILITAS PERUSAHAAN YANG PENTING UNTUK BERSAING?

APA  SUMBER  DAYA  DAN  KAPABILITAS  PERUSAHAAN  YANG  PENTING  UNTUK BERSAING?

Perusahaan dengan aset kompetitif minimal atau dalam posisi rendah akan tertinggal dalam industri. Peran penting sumber daya dan kapabilitas sebagai basis strategi dikarenakan dua faktor yaitu faktor lingkungan industri dimana perusahaan menjalankan aktivitas bisnisnya dan keunggulan kompetitif yang menjadi sumber utama dari profitabilitas dibandingkan dengan daya tarik industri. sumber daya adalah input produktif atau aset kompetitif yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan. Kemampuan adalah kapasitas perusahaan untuk melakukan beberapa aktivitas secara profesional. Sumber daya dan kapabilitas perusahaan harus dikembangkan secara terus menerus sehingga memiliki kemampuan dan fleksibelitas dalam mengantisipasi bahkan memanfaatkan dinamika eksternal sebagai peluang baru bagi perusahaan. 

Sumber daya adalah input produktif atau aset kompetitif yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan. Sumber daya nyata yang paling mudah diidentifikasi, karena sumber daya yang nyata adalah mereka yang dapat disentuh atau diukur mudah. Jelas, mereka termasuk berbagai jenis sumber daya fisik seperti fasilitas manufaktur dan sumber daya mineral, tetapi mereka juga termasuk sumber daya perusahaan keuangan, sumber daya teknologi, dansumber daya organisasi seperti komunikasi dan sistem kontrol perusahaan.

Sumber berwujud lebih sulit untuk membedakan, tetapi mereka sering yang paling penting dari aset kompetitif perusahaan. Mereka termasuk berbagai macam aset manusia dan modal lectual intel serta merekperusahaan, image, dan aset reputasi. Sementara sumber berwujud tidak memiliki eksistensi material sendiri, mereka sering diwujudkan dalam sesuatu materi.  
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...