loading...

APAKAH PERUSAHAAN MAMPU MEREBUT PELUANG PASAR DAN MENIADAKAN ANCAMAN EKSTERNAL?


APAKAH  PERUSAHAAN  MAMPU  MEREBUT PELUANG  PASAR  DAN  MENIADAKAN ANCAMAN EKSTERNAL?

Dalam mengevaluasi situasi keseluruhan perusahaan, pertanyaan kunci adalah apakah perusahaan berada dalam posisi untuk mengejar peluang pasar yang menarik dan membela terhadap ancaman eksternal untuk masa depan kesejahteraan nya. alat untuk melakukan pemeriksaan ini secara luas dikenal sebagai analisis SWOT, dinamakan demikian karena angka nol dalam pada Kekuatan perusahaan internal dan Kelemahan, Peluang pasar, dan Ancaman eksternal.

Alat yang dapat digunakan dalam analisi SWOT (Strength Weakness, Opportunity and Threats) yaitu dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, yaitu :
a.              Identifikasi Kekuatan Internal Perusahaan. Kekuatan perusahaan tergantung pada kualitas sumber daya dan kemampuan. Analisis Sumber daya dan kemampuan dapat membantu manajer dalam menilai kualitas secara lebih objektif.
b.             Identifikasi Kelemahan Perusahaan. Kelemahan internal perusahaan dapat berhubungan dengan keterampilan dan keahlian yang rendah, kekurangan dalam aset fisik kompetitif dan kemampuan kompetitif  dan sebagainya.
c.              Identifikasi Peluang Pasar Perusahaan. Peluang pasar adalah faktor yang paling besar dalam membentuk strategi perusahaan. Tidak semua perusahaan dilengkapi dengan kompetensi untuk berhasil mengejar setiap peluang yang ada dalam industrinya. Ada perusahaan yang mampu mengejar peluang namun ada perusahaan yang tidak mampu.
d.             Identifikasi Ancaman Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Ancaman dapat berasal dari munculnya teknologi yang lebih murah  atau lebih baik, pengenalan saingan dari produk baru atau yang ditingkatkan, masuknya biaya yang lebih rendah dari pesaing, peraturan baru yang lebih memberatkan kepada perusahaan dan sebagainya.  

Loading...

loading...