Langkah stratejik yang akan dilakukan oleh pesaing

                  Langkah  stratejik  yang  akan dilakukan oleh pesaing

Menurut Thompson (2015), kepanduan pesaing cukup baik untuk mengantisipasi tindakan mereka yang dapat membantu perusahaan menyiapkan tindakan efektif (bahkan mungkin mengalahkan saingan untuk kekuatan) dan memungkinkan manajer untuk mengambil tindakan saingan yang kemungkinan memperhitungkan dalam merancang saja perusahaan mereka sendiri sesuai tindakan terbaik.
Menurut Michael E. Porter “Strategi bersaing adalah meliputi penentuan posisi atau positioning suatu usaha untuk memaksimalkan nilai kemampuan yang membedakannya dari pesaing”. Strategi bersaing yang efektif meliputi tindakan – tindakan yang ofensif maupun defensif guna menciptakan posisi yang aman (defendable position) terhadap kelima kekuatan persaingan. Kelima kekuatan itu adalah kekuatan yang mempengaruhi persaingan industri yaitu masuknya pendatang baru, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar menawar pembeli, kekuatan tawar – menawar pemasok, serta persaingan diantara pesaing yang ada.

Tujuan dari strategi bersaing perusahaan adalah agar perusahaan dapat bersaing lebih efektif dan memperkuat posisi pasarnya dalam industri tersebut. Strategi bersaing yang efektif memiliki beberapa pendekatan, antara lain : 
·               Penempatan posisi
Menempatkan perusahaan dalam suatu posisi sehingga perusahaan dapat memberikan pertahanan yang terbaik untuk menghadapi kekuatan persaingan yang ada.
·               Mempengaruhi keseimbangan
Mempengaruhi keseimbangan kekuatan melalui gerakan strategis. Inovasi dapat meningkatkan identifikasi atau jika tidak mendiferensiasikan produk. Keseimbangan kekuatan dipengaruhi oleh faktor – faktor eksternal dan internal.
·               Memanfaatkan perubahan
Mengantisipasi pergeseran pada faktor – faktor yang menjadi penyebab kekuatan persaingan, sehingga perusahaan dapat memanfaatkan perubahan dengan memilih strategi yang cocok dengan keseimbangan persaingan yang baru sebelum pesaing menyadarinya.
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...