PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI UNTUK PERENCANAAN LABA


Informasi akuntansi merupakan alat bantu yang penting dalam perusahaan. Apabila informasi yang disajikan tidak tepat, maka keputusan yang diambil akan cenderung menyesatkan atau bahkan dapat berakibat fatal bagi perusahaan, dengan demikian dikatakan infomasi yang tepat  akan mengurangi ketidakpastian. Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa informasi sangat penting bagi setiap  perusahaan, karena untuk  merencankan, mengarahkan dan  memperlancar kegiatan sehari­hari perusahaan.

Begitu juga halnya dengan kebutuhan manajemen perusahaan. Para pengelola / manajer perusahaan sangat memerlukan manajemen yang dapat meberikan informasi ntuk melaksanakan fungsi – fungsi manajemen tersebut dengan baik.

Cost­Volume­Profit Analysis (CVP) merupakan bagian dari informasi akuntansi manajemen. Menurut Blocher (2000 : 308), analisis CVP merupakan metode untuk menganalisis bagaimana keputusan operasi dan keputusan pemasaran mepengaruhi laba bersih, berdasarkan pemahaman tentang hubungan antara biaya variabel, biaya tetap, harga jual per unit dan tingkat output.

Informasi akuntansi manajemen mempunyai  peranan yang strategis sebagai alat bantu manajemen untuk menjalankan fungsi manajerialnya. Melihat sampai  saat ini  kebutuhan  para manajer perusahaan akan informasi  untuk perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan tersebut masih saja belum terpenuhi seperti apa yang diharapkan oleh layaknya suatu badan usaha, maka dirasa perlu adanya pembahasan, yang hasilnya diharapkan dapat membantu para manajer perusahaan untuk memberikan informasi akuntansi manajemen yang  berguna untuk menjalankan usaha, khususnya untuk perencanaan laba atau usahanya.
Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...