loading...

Ventura Bersama


Ventura Bersama

Ventura bersama merupakan suatu perjanjian kontraktual dimana dua atau  lebih pihak menjalankan aktivitas ekonomi yang tunduk pada pengendalian bersama. Pada umumnya, terdapat tiga jenis ventura bersama, yaitu pengendalian  bersama operasi, pengendalian bersama aset, dan pengendalian bersama entitas.

Emiten atau Perusahaan Publik yang menjadi venturer dalam ventura  bersama berupa pengendalian bersama operasi mengakui bagian partisipasi dalam laporan keuangannya :
a)             Aset yang dikendalikan dan liabilitas yang ditanggung.
b)             Beban yang ditanggung dan bagian pendapatan yang diperoleh dari  penjualan barang dan jasa ventura bersama.

Emiten atau Perusahaan Publik yang menjadi venturer dalam ventura  bersama berupa pengendalian bersama aset mengakui bagian partisipasi dalam laporan keuangannya :
a)             Bagiannya atas pengendalian bersama aset, yang diklasifikasikan sesuai  dengan sifat aset.
b)             Setiap liabilitas yang terjadi.
c)             Bagiannya atas liabilitas yang terjadi bersama dengan venturer lain yang  berkaitan dengan ventura bersama.
d)            Setiap penghasilan dari penjualan atau penggunaan bagiannya atas output  ventura bersama, bersama dengan bagiannya atas beban yang terjadi pada ventura bersama.
e)             Setiap beban yang telah terjadi sehubungan dengan bagian partsipasinya dalam ventura bersama.

Emiten atau Perusahaan Publik yang menjadi venturer dalam ventura  bersama, berupa pengendalian bersama entitas mengakui bagian partisipasi dalam  laporan keuangannya dengan menggunakan metode ekuitas atau, sebagai alternatif, konsolidasi proporsional.

Penerapan konsolidasi proporsional berarti laporan keuangan venturer  memasukkan bagiannya atas aset yang dikendalikan bersama dan liabilitas yang  ditanggung bersama. Laporan laba rugi komprehensif venturer mencakup bagiannya atas penghasilan dan beban dari pengendalian bersama entitas.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...