loading...

JENIS-JENIS OBLIGASI


Obligasi floating-Rate
Obligasi konvensional yang telah kita bicarakan dalam bab ini memiliki kewajiban tetap karena tingkat kupon ditetapkan sebagai persentase tetap dari nilai nominal. Sebagian besar obligasi ini memiliki fitur sebagai berikut :
1. Pemegangnya memiliki hak untuk menebus catatannya di par pada tanggal pembayaran kupon setelah beberapa waktu tertentu.
2. Tingkat kupon memiliki floor dan skys, yang berarti bahwa kupon dikenakan minimum dan maksimum.

Jenis lain dari Obligasi
Obligasi dengan waran berbeda dari obligasi konversi waran karena dapat dijual terpisah dari obligasi. Obligasi pendapatan mirip dengan obligasi konvensional, kecuali bahwa pembayaran kupon bergantung pada pendapatan perusahaan. Secara khusus, kupon yang dibayarkan kepada pemegang obligasi hanya jika pendapatan perusahaan cukup.

Sebuah obligasi konversi dapat ditukarkan untuk tetap jumlah saham kapan saja sebelum jatuh tempo pada opsi pemegang. Sebuah put obligasi memungkinkan pemegang untuk mensyaratkan penerbit untuk membeli obligasi kembali pada harga yang disebutkan.

Obligasi sekuritas
Obligasi dengan fitur yang tidak biasa, salah satu jenis yang paling umum adalah disekuritisasi. Pemegang obligasi dari ikatan sekuritas menerima bunga dan pembayaran pokok dari aset tertentu daripada perusahaan tertentu. Obligasi sekuritas biasanya didukung oleh aset dengan pembayaran jangka panjang, seperti hipotek. Namun, ada obligasi disekuritisasi oleh kredit mobil dan pembayaran kartu kredit, antara aset lainnya, dan pasar yang berkembang ada untuk obligasi yang didukung oleh sewa mobil.

Obligasi dengan jaminan (mortegage bond), adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dengan menggunakan jaminan suatu aktiva riil.

Obligasi tanpa jaminan (debentures atau unsecured bond) adalah suatu obligasi yang diterbitkan tanpa menggunakan suatu jaminan aktiva riil tertentu.

Obligasi konversi (convertible bond), adalah suatu obligasi yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mengkonversikan obligasi tersebut dengan sejumlah saham perusahaan dengan harga yang sudah ditentukan, sehingga pemegang obligasi memperoleh kesempatan untuk memperoleh capital gain.

Obligasi yang disertai wararnt, warrant adalah opsi yang mengijinkan pemegang obligasi untuk membeli saham pada harga yang sudah ditetapkan. Obligasi tanpa kupon, adalah obligasi yang tidak memberikan pembayaran bunga.

Obligasi dengan tingkat bunga mengambang, adalah obligasi yang memberikan tingkat bunga yang besarnya disesuaikan dengan fluktuasi tingkat bunga pasar yang berlaku.

Putable bond, adalah obligasi yang memberikan hak kepada pemegang obligasi untuk menerima pelunasan obligasi sesuai dengan nilai par sebelum jatuh tempo.

Obligasi pendapatan (income bond), merupakan obligasi yang hanya membayar bunga jika laba telah diperoleh.

Obligasi indeks, merupakan obligasi yang pembayaran bunganya didasarkan atas indeks inflasi sehingga melindungi pemegang obligasi dari inflasi.

Junk bond, adalah obligasi yang memberikan tingkat keuntungan yang tinggi, tetapi juga mengandung risiko yang sangat tinggi pula.

Surat utang subordinasi, surat utang yang berada dibawah surat utang biasa yang akan dibayar setelah surat utangya dipenuhi.

Obligasi euro (eurobonds), obligasi yang dikeluarkan oleh suatu negara dengan mata uang yang berbeda dengan mata uang obligasi itu.

Obligasi gadai, obligasi yang dijamin dengan tanah atau rumah.

Obligasi murahan, obligasi berperingkat “bb” kebawah.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...