loading...

UTANG JANGKA PANJANG.


Obligasi adalah utang yang dijamin atau kontrak jangka panjang dimana peminjam setuju untuk melakukan pembayaran bunga dan pokok pinjaman, pada tanggal tertentu kepada pemegang obligasi. Namun, dalam penggunaan umum, ikatan kata mengacu pada semua jenis utang yang dijamin dan tidak aman. Oleh karena itu terus digunakan istilah umum untuk menyebut utang jangka panjang.

Bonds jangka panjang biasanya menyediakan pembayaran kembali dari prinsipal sebelum jatuh tempo. Hal ini biasanya diselesaikan dengan sinking fund di mana perusahaan menebus sejumlah tertentu bonds tiap tahun.

Dua bentuk utama dari utang jangka panjang adalah masalah umum dan utang ditempatkan secara pribadi. Perbedaan utama antara public-isu dan utang ditempatkan secara pribadi adalah bahwa yang terakhir ini langsung ditempatkan dengan pemberi pinjaman dan tidak ditawarkan kepada publik. Karena ini adalah transaksi pribadi, istilah khusus yang sampai ke pihak yang terlibat.

Karakteristik Utama Obligasi
• Nilai nominal (Nilai pari) ; nilai nominal yang ditetapkan atas obligasi.
• Nilai Intrinsik, adalah merupakan nilai teoritis dari suatu obligasi. Diperoleh dari hasil estimasi nilai saat ini (PV) dari semua aliran kas obligasi dimasa yang akan datang.
• Suku Bunga Kupon ; suku bunga tahunan yang ditetapkan atas obligasi.
• Peringkat Obligasi, penilaian atas resiko obligasi yang mungkin terjadi kemudian.
• Suku Bunga Mengambang, suku bunga ditentukan selama periode tertentu, setelah itu disesuaikan setiap 6 bulan berdasarkan suku bunga pasar.
• Suku Bunga Nol, merupakan obligasi yang tidak membayar bunga tahunan.
• Tanggal Jatuh Tempo ; umur obligasi dimana nilai nominal obligasi harus dibayar.
• Provisi Penarikan, merupakan provisi dalam kontrak obligasi yang memberikan hak kepada penerbit untuk menebus obligasi pada jangka waktu tertentu sebelum tanggal jatuh tempo normal. Besarnya provisi penarikan lebih tinggi dari nilai nominalnya, selisihnya disebut premi penarikan. Besarnya premi penarikan sama dengan bunga satu tahun jika obligasi ditarik selama tahun pertama. Besarnya premi akan menurun pada tingkat yang konstan sebesar INT/N setiap tahun sesudahnya.
• Tingkat penghasilan sekarang, rasio pembayaran tahunan terhadap harga obligasi di pasar.

Indenture
Indenture adalah perjanjian tertulis antara perusahaan (peminjam) dan kreditur. Indenture juga merupakan perjanjian legal antara perusahaan penerbit obligasi dengan dewan wali atau wali obligasi yang mewakili para pemilik atau pembeli obligasi. Perjanjian obligasi adalah sebuah dokumen hukum. Ini adalah dokumen penting, bagaimanapun, karena umumnya mencakup ketentuan sebagai berikut:
1. Istilah dasar obligasi.
2. Jumlah total obligasi yang diterbitkan.
3. Sebuah deskripsi properti yang digunakan sebagai jaminan.
4. Pengaturan pembayaran.
5. Ketentuan call.
6. Rincian perjanjian pelindung.

Ketentuan Obligasi
Ada dua kelemahan surat obligasi. Pertama, mereka sulit untuk pulih jika mereka hilang atau dicuri. Kedua, karena perusahaan tidak tahu siapa yang memiliki obligasi, tidak dapat memberitahu pemegang obligasi mengenai peristiwa penting.

Security
Efek hutang diklasifikasikan sesuai dengan jaminan dan hipotik digunakan untuk melindungi pemegang obligasi. Pemegang obligasi memiliki klaim hanya pada properti tidak dinyatakan berjanji, dengan kata lain, properti yang tersisa setelah hipotek dan jaminan kepercayaan yang diperhitungkan.

Senioritas
Secara umum, senioritas menunjukkan preferensi dalam posisi dibandingkan dengan kreditur lainnya, dan utang kadang-kadang diberi label sebagai senior atau junior untuk menunjukkan senioritas.

Dana Pelunasan
Dana pelunasan merupakan provisi dalam kontrak obligasi yang mengharuskan penerbit untuk menarik sebagian dari obligasi setiap tahun. Obligasi ini dapat dilunasi pada saat jatuh tempo, dan pada saat pemegang obligasi akan menerima nilai obligasi atau mereka menerima kembali sebagian atau keseluruhan sebelum jatuh tempo.

Ada banyak jenis perbedaan jenis dari tenggelamnya pengaturan dana, dan secara detail akan dijabarkan dalam indenture. Sebagai contoh : (1) Beberapa dana tenggelam mulai sekitar 10 tahun setelah penerbitan awal. (2) Beberapa dana tenggelam menetapkan pembayaran yang sama selama umur obligasi. (3) Beberapa obligasi berkualitas tinggi menetapkan pembayaran kepada dana cadangan yang tidak cukup untuk menebus seluruh masalah.

Ketentuan Panggilan
Suatu ketentuan panggilan memungkinkan perusahaan untuk membeli kembali, atau "panggilan," sebagian atau seluruh obligasi pada harga dinyatakan selama periode tertentu.

Perjanjian pelindung
Sebuah perjanjian pelindung adalah bagian dari indenture atau pinjaman perjanjian yang membatasi tindakan-tindakan tertentu perusahaan lain yang mungkin ingin mengambil selama jangka waktu pinjaman. Perjanjian pelindung dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis: pembatasan dan perjanjian positif (atau afirmatif).

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...