loading...

KAPAN UNTUK DIVERSIFIKASI


Tugas menyusun strategi perusahaan perusahaan yang terdiversifikasi secara keseluruhan jatuh tepat di pangkuan eksekutif tingkat atas dan melibatkan empat aspek yang berbeda :

1) Memilih industri baru untuk masuk dan memutuskan cara masuk. Keputusan untuk melakukan diversifikasi bisnis mengharuskan manajemen menentukan industri-industri baru untuk masuk dan apakah masuk dengan memulai bisnis baru dari bawah ke atas, mengakuisisi perusahaan yang sudah dalam industri sasaran, atau membentuk usaha patungan atau aliansi strategis dengan perusahaan lain.

2) Peluang untuk meningkatkan hubungan rantai nilai lintas bisnis dan strategis cocok menjadi keunggulan kompetitif. Tugas di sini adalah untuk menentukan apakah ada peluang untuk memperkuat bisnis perusahaan yang terdiversifikasi ini dengan cara seperti mentransfer sumber daya kompetitif yang berharga dan kemampuan dari satu bisnis yang lain, menggabungkan kegiatan rantai nilai yang terkait bisnis yang berbeda untuk mencapai biaya yang lebih rendah, berbagi penggunaan nama yang kuat dan dihormati merek di beberapa bisnis, dan berbagi pengetahuan mendorong dan kegiatan kolaboratif antara bisnis.

3) Menetapkan prioritas investasi dan kemudian sumber daya perusahaan ke dalam unit bisnis yang paling menarik. Biasanya, ini diterjemahkan ke dalam mengejar strategi pertumbuhan yang cepat dalam bisnis yang paling menjanjikan, memulai peningkatan laba atau strategi turnaround dalam bisnis lemah berkinerja dengan potensi, dan divestasi bisnis yang tidak lagi menarik atau yang tidak sesuai dengan rencana jangka panjang manajemen.

4) Tindakan memulai untuk meningkatkan kinerja gabungan dari perusahaan bisnis. Pilihan strategis untuk meningkatkan kinerja keseluruhan perusahaan meliputi (a) menempel erat dengan lineup bisnis yang ada dan mengejar peluang yang disajikan oleh bisnis ini, (b) memperluas lingkup diversifikasi dengan memasukkan industri tambahan, (c) divestasi beberapa bisnis dan retrenching ke koleksi sempit usaha diversifikasi dengan prospek kinerja yang lebih baik secara keseluruhan, dan (d) restrukturisasi seluruh perusahaan dengan melepas beberapa bisnis dan memperoleh lain sehingga dapat menempatkan wajah baru di jajaran bisnis perusahaan.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

loading...