loading...

Pentingnya Resiko Audit


Pentingnya Resiko Audit

Resiko merupakan salah satu aspek penting yang mendasari proses audit. Menurut Hendry Simamora (2002;99) ada 2 jenis resiko yang dihadapi oleh auditor yang mengaudit laporan keuangan, yaitu :
·                Resiko audit, adalah resiko yang timbul karena auditor tanpa disadari tidak memodifikasi pendapatnya sebagaimana mestinya, atas suatu laporan keuangan yang mengandung salah saji material.
·                Resiko bisnis auditor, adalah terpaparnya auditor terhadap kerugian atau kerusakan praktik profesinalnya akibat litigasi, publisitas yang buruk, ataupun peristiwa lainnya yang mencuat sehubungan dengan laporan keuangan yang diaudit dan dilaporkannya.

Paparan terhadap resiko bisnis senantiasa muncul baik auditor melakukan auditnya menurut standar auditing yang berlaku umum ataupun tidak. Resiko bisnis auditor berbeda dengan resiko audit, meskipun demikian, auditor bisa saja memutuskan untuk menggali lebih banyak bukti audit disebabkan meningkatnya resiko bisnisnya. Dalam standar auditing yang berlaku umum, auditor tidak boleh memutuskan untuk mengumpulkan lebih sedikit bukti audit hanya karena mengaudit klien dengan resiko bisnis yang minimal. Resiko bisnis auditor tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh auditor, meskipun demikian beberapa pengendalian dapat dijalankan melalui penerimaan dan penolakan klien dengan hati – hati. Di lain pihak, resiko audit dapat dikendalikan secara langsung melalui lingkup prosedur tes auditor. Model resiko audit menawarkan kerangka acuan untuk diikuti oleh auditor.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...