loading...

SIFAT, SAAT DAN LUASNYA PENGENDALIAN


SIFAT, SAAT DAN LUASNYA PENGENDALIAN

Sifat, saat dan luas penerapan pengujian pengendalian tergantung pada tingkat resiko pengendalian yang ditetapkan oleh auditor. Kalau auditor menginginkan tingkat resiko resiko pengendalian yang ditetapkan yang lebih rendah, akan digunakan lebih banyak pengujian pengendalian, baik dalam jumlah pengendalian yang diuji maupun luas pengujian atas setiap pengendalian. Ada dua cara dalam menerapkan pengujian pengendalian menurut Arens & Loebbecke (1997;286) yaitu :
a.              Mengandalkan kepada bahan bukti dari audit tahun lalu.
Kalau bahan bukti yang diperoleh dalam audit lalu memberikan indikasi bahwa pengendalian kunci berjalan efektif, dan auditor memutuskan bahwa hal tersebut masih berlangsung, luas pengujian pengendalian dapat dikurangi sampai luas tertentu dalam tahun berjalan.
b.             Menguji kurang dari seluruh periode audit.
Pengujian pengendalian yang ideal, seharusnya diterapkan terhadap transaksi dan pengendalian untuk sepanjang periode yang diaudit. Tetapi tidak praktis untuk melakukan hal tersebut. Kalau kurang dari keseluruhan periode audit yang diuji, auditor harus menentukan apakah perubahan dalam pengendalian terjadi dalam periode yang tidak diuji dan mendapatkan bahan bukti mengenai sifat dan luas perubahan tersebut.

Author:

Belajarlah dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apapun... Website : www.e-akuntansi.com

Loading...

loading...